27.3 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Melalui Samisade, Pemdes Sukasirna Benahi Jalan Agar tak Cemburu 

Jonggol | Jurnal Bogor 

Masih sangat memprihatinkannya kondisi jalan lingkungan dan jalan desa yang ada di Desa Sukasirna, Jonggol, Kabupaten Bogor, membuat Kepala Desa Sukasirna Iwan Setiawan mengutamakan pembenahan infrastruktur jalan dan saluran.

“Desa Sukasirna ini, masih sangat banyak lokasi jalan lingkungan dan jalan desa yang butuh sentuhan pembanguan, maka dari itu jika ada dana bantuan apapun dari pemerintah kami utamakan pembenahan jalan terlebih dahulu, ” papar Iwan sapaan akrabnya kepada Jurnal Bogor, Kamis (22/12).

Menurutnya, selain kebutuhan infrasturktur jalan yang masih sangat banyak, desa ini pun masih butuh Sarana Air Bersih (SAB), WC umum yang bisa digunakan oleh warga sekitar yang belum memiliki MCK.

” Maka dari itu, adanya Dana Samisade saya alokasikan di 3 titik untuk dilakukan betonisasi jalan agar semua warga di Desa Sukasirna merasakan jalan yang bagus,” ujarnya.

Titik pertama, sambung dia, betonisasi jalan desa Kp.Sentul – Kp.Jatimekar RT 02 – 03 /RW 02 dengan volume P.720m x L.2,5m x T.0,03m. Titik yang kedua, betonisasi jalan Kp.Jatimekar RT 03/05 dengan volume P.265m x L.2,3m x T.0,15. Dan titik yang ketiga, betonisasi jalan Kp.Tegal Sempug RT 01/07 dengan volume P.265m x L.2,3m x T.0,15.

“Untuk anggaran sendiri, di Kp.Sentul – Kp.Jatimekar RT 02-03 /RW 02 memakan anggaran Rp  600 juta, dan Kp.Jatimekar memakan anggaran 200 juta rupiah, kemudian Kp.Tegal Sempug memakan anggaran 200 juta rupiah, totalnya 1 miliar anggaran Samisade kami alokasikan untuk betonisasi jalan,” beber Iwan.

Dirinya berharap, dengan diperbaikinya jalan lingkungan maupun jalan desa, tidak ada lagi kecemburuan sosial di masyarakat. ” Kadang ada yang cemburu karena jalannya masih rusak, padahal memang sudah dialokasikan tapi anggarannya belum turun karena bertahap. Hal-hal seperti itu yang kadang jadi pertanyaan dan digoreng-goreng segelintir orang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor akan program Samisade ini karena bisa mempercepat pembangunan desa. “Jika hanya mengandalkan anggaran Dana Desa mungkin tidak akan secepat ini pembangunan, apalagi selama 2 tahun terakhir ini Dana Desa dari pusat dialokasikan untuk BLT. Dengan adanya Samisade ini sangat membantu untuk kami,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles