28.4 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Penyandang Disabilitas Terima Bantuan

Pemcam Leuwiliang Gandeng Baznas

Leuwiliang l Jurnal Bogor 

Pemerintah Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Hari Prihartono, Rabu (21/12), memberikan bantuan sosial berupa 2 buah kursi roda dan 4 bantuan uang tunai sebesar Rp 250.000, serta 4 bingkisan sembako kepada 6 warga Desa Purasari.

Hari Prihartono memaparkan bansos ini bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bogor melalui proses pengajuan satu bulan lalu. Data penyandang disabilitas dan lansia merupakan sesuai database apa yang tercantum di aplikasi SIAP KANG.

“Aplikasi itu diusungnya saat pelaksanaan Diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) sekitar 3 bulan lalu. Kali ini tinggal pemanfaatan data agar warga bisa mendapatkan bantuan sesuai kebutuhannya,” kata Hari kepada Jurnal Bogor.

Hari menerangkan, Data dalam SIAP KANG awalnya digunakan untuk disandingkan dengan data yang ada di Kemensos untuk bantuan permakanan bagi lansia dan penyandang disabilitas keluarga tunggal.

Program bantuan tersebut berasal dari Kemensos melalui Angga APBN.” paparnya.

Seiring informasi, dan memanfaatkan kesempatan dengan adanya program Baznas berupa bantuan sosial bagi penyandang disabilitas.

Kendati demikian, berkat sinergitas yang baik antara Pemerintah Kecamatan Leuwiliang, Pemerintah Desa Purasari, Pendamping PKH dan IPSM serta unsur tenaga kesehatan dari Puskesmas Puraseda maka semua dokumen pengajuan dapat terpenuhi.

Sementara, Camat Leuwiliang Daswara Sulanjana menyatakan atas nama Pemerintah Kecamatan Leuwiliang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Baznas Kabupaten Bogor.

“Bantuan yang diberikan, tentu dapat membantu warga yang membutuhkan sehingga dapat menunjang dan meringankan kehidupan sehari-hari,” kata dia.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles