32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Wanaherang Alokasikan Dana Desa untuk Sayuran Hidroponik

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Pemerintah Desa Wanaherang, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, merealisasikan program ketahanan pangan dengan penanaman sayuran hidroponik di lahan tanah desa seluas 1000 meter. 

Upaya tersebut dalam rangka mewujudkan kecukupan pangan bagi seluruh warga, dan pencapaian kemandirian pangan, serta memastikan desa terlepas dari kerawanan pangan. Maka penggunaan Dana Desa untuk ketahanan pangan bisa dianggarkan mencapai 20 persen. 

Kepala Desa Wanaherang Heri Sudewo mengatakan, Pemdes sudah merealisasikan program ketahanan pangan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 104 Tahun 2021 bahwa 20% Dana Desa digunakan untuk program ketahanan pangan dan hewani. 

“Alhamdulillah ketahanan pangan kita dengan penanaman sayur-sayuran yang menggunakan hidroponik sudah bisa terealisasikan, dan anggaran yang kita gunakan 20 persen dari Dana Desa, sekitar 239 juta untuk biaya ketahanan pangan Desa Wanaherang,” ucap Hari Sadewo kepada Jurnal Bogor, Senin (11/12). 

“Anggaran 239 juta itu untuk persiapan dari nol sampai terealisasinya ketahanan pangan ini, kita melaksanakannya di tanah desa kurang lebih 1000 meter, dan kita merangkai tempat penanaman hidroponik memakan biaya sekitar 163 juta,” sambungnya. 

Dia berharap program ketahanan pangan ini bisa berkelanjutan, dan bisa menghasilkan manfaat untuk masyarakat Desa Wanaherang. 

“Harapan saya kedepan semoga ketahanan pangan yang memakai hidroponik ini bisa berkembang ke setiap wilayah RT maupun RW, yang nantinya bisa menghasilkan nilai usaha baru untuk masyarakat,” ujarnya.

Selebihnya ia juga menyampaikan, untuk penanaman yang baru dimulai ini sudah ada 4 jenis sayuran yang ditanam mengunakan cara hidroponik, dan untuk pemasarannya sudah ada. 

“Kita sudah menanam 4 jenis sayuran disini diantaranya, kangkung, cesim, pakcoy, dan selada, kemungkinan kedepannya kita juga akan menambahkan jenis sayuran lain. Sedangkan untuk pemasarannya, kita sudah bekerjasama dengan beberapa penyalur sayuran,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles