Kobong Pesantren di Jasinga Hangus Terbakar

0

Hampir Tiga Jam Api Baru Padam

Jasinga | Jurnal Bogor 

Sebuah bangunan kobong Pesantren Darul Pikar yang terletak di Kampung Pasirnangka RT 01 RW 06 Desa Cikopomayak, Jasinga, Kabupaten Bogor hangus terbakar si jago merah. 

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (06/12/2022) sekitar pukul 23:30 Wib. Diduga si jago merah timbul dari korsleting listrik sehingga menghanguskan bangunan yang terbuat dari kayu dan bambu itu.

Pemilik pesantren Ibnu Maliki mengatakan, untuk memadamkan kobaran api itu dirinya dibantu masyarakat dan pemadam kebakaran (Damkar). Sementara dia menduga api berasal dari korsleting listrik 

“Kejadiannya sekitar pukul 23:30 api secara tiba-tiba membesar dari kamar kobong yang berada di lantai atas, alhamdulillah tadi kerjasama masyarakat sekitar dan Damkar yang sigap membantu dalam upaya memadamkan api hingga dapat di padamkan,” katanya.

Dia menjelaskan, beruntung dalam peristiwa itu tidak menelan korban jiwa. Kendati pemilik pesantren mengaku kerugian mencapai puluhan juta rupiah. “Total kerugian dalam kejadian kebakaran ini sekitar 50 jutaan. Namun musibah ini tidak sampai menelan korban jiwa,” jelasnya.

Dia berharap dalam musibah tersebut ada yang membantu dalam perbaikan merenovasi kembali. Agar kegiatan belajar mengajar para santri berjalan seperti sedia kala.

“Mudah-mudahan atas dasar kemanusiaan dimana pun saudara berada dapat menyalurkan tangan untuk membantu merenovasi pesantren ini kembali. Karena agar kegiatan belajar mengajar dalam bidang agama Islam bisa berjalan seperti sediakala,” paparnya.

Sementara itu, komandan regu dari sektor Damkar Parungpanjang Sigit Bangun Novanda, dalam keterangan tertulisnya melaporkan, sekitar hampir 3 jam pihaknya menjinakkan si jago merah itu.

“Kita mendapatkan laporan dari warga, sekitar pukul 24:00 wib tiba di lokasi, selesai pemadaman pukul 2:52 wib. Selama pemadam tidak ada hambatan,” katanya.

Sebanyak 3 unit mobil damkar yang menangani, kata dia, reguĀ  1 Parungpanjang, 2 unit merapi dan dibantu 1 unit merapi dari Leuwiliang.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here