28.8 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

DLH Kabupaten Bogor Sosialisasi Pengurangan Sampah, Warga: Positif dan Bermanfaat

Megamendung | Jurnal Bogor

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan sosialisasi pengurangan sampah diikuti sebanyak 60 orang peserta mewakili 3 kecamatan yakni Ciampea, Ciawi dan Megamendung. Kepala DLH Ade Yana didampingi Kasi Penanggulangan Sampah melakukan sosialisasi di aula Cahaya Village Hotel, Jalan Raya Puncak KM 60 Desa Cipayung, Megamendung, Selasa (6/12/2022).

“Pesertanya ada 60 orang masing-masing mewakili Kecamatan Ciampea, Ciawi dan Megamendung diikuti unsur kader Posyandu, staf desa, karang taruna dan pegiat lingkungan,” ucap Kasi Penanggulangan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Nur dikutip dari Penapublik.

Diakui Nur, terkait peserta dalam kegiatan tersebut lebih diprioritaskan untuk kategori pemula dalam penerapan program dan sosialisasi pengurangan sampah. “Paling tidak yang sudah menerapkan program Bank Sampah di lingkungannya bisa sharing wawasan keilmuan dengan teman-teman didalam kegiatan ini,” tuturnya.

Salah seorang peserta mewakili Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi Samsul, mengatakan kegiatan yang digagas oleh DLH Kabupaten Bogor dalam upaya pengurangan sampah diakuinya cukup bermanfaat dan positif.

Namun demikian kata Samsul, alangkah baiknya semua desa dilibatkan dalam kegiatan tersebut kedepannya. “Di Desa Banjarsari saja soal tempat penampungan sampah cukup kewalahan karena hanya ada 1 tempat pembuangan sampahnya sementara warga dari mana-mana buang disitu,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi pengurangan sampah tersebut, ia dan rekan-rekannya berharap adanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) skala kecamatan.

“Penerapan Bank Sampah sedikit banyak bisa mengurai permasalahan sampah di lingkungan meskipun mungkin tidak maksimal tetapi setidaknya ada upaya dari warga masyarakat seperti di Desa Banjarsari salah satunya disana ada Bank Sampah LIBBS di RT 2 RW 03 yang sudah berjalan 2 tahun belakangan ini dan cukup terlihat aktif sampai sekarang,” pungkasnya.

Asep.S.Sayyev|*

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles