Home News Gus Udin: Dana Bantuan Madrasah Harusnya Cukup

Gus Udin: Dana Bantuan Madrasah Harusnya Cukup

Saefuddin Mukhtar

Dramaga | Jurnal Bogor 

Sekolah madrasah di Kabupaten Bogor masih minim mendapat perhatian dari pemerintah, termasuk Pemda Kabupaten Bogor dengan masih banyaknya sekolah madrasah yang rusak dan tak layak. Namun menurut Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor Saefuddin Mukhtar, Pemkab telah mengeluarkan dana bantuan sekolah madrasah sebesar Rp20 miliar untuk intensif guru dan sarana prasarana.

“Sebenarnya Pemerintah Kabupaten Bogor itu sudah mengalokasikan dana untuk madrasah itu sebesar 20 miliar, 9 miliar untuk insentif guru dan 11 miliar itu untuk infrastruktur sekolah sarana prasarana,” kata Gus Udin, sapaan akrabnya usai menghadiri pelantikan pengurus Mathlaul Anwar Kabupaten Bogor di Hotel Duta Berlian Dramaga Bogor, Senin (3/12/22).

Dia mengklaim, dengan anggaran itu seyogyanya sampai lima tahun itu seharusnya cukup, dan itu dialokasikan sejak tahun 2020 untuk mendukung pendidikan madrasah di Kabupaten Bogor.

“Anggaran 20 miliar itu setiap tahun selama lima tahun, untuk mendukung program Pancakarsa Kabupaten Bogor, karsa cerdas,” katanya.

Lebih lanjut Gus Udin menjelaskan, terkait permasalahan pendidikan di Kabupaten Bogor itu ada tiga yang pertama menurutnya adalah sarana prasarana, yang kedua kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik dan peserta didiknya.

“Dan yang ketiga adalah kaitan dengan akses kemudahan maka dari itu perlu dukungan semua pihak termasuk ormas Islam seperti Matlahul Anwar ini,” ucapnya.

Apalagi untuk sekolah madrasah banyak yang ada di pelosok tentu peran serta ormas Islam ini kan sangat luar biasa khususnya beberapa ormas seperti Matlahul Anwar, kemudian NU dan Muhammadiyah yang bergerak di pendidikan untuk bersama sama meningkat kualitas pendidikan di Kabupaten Bogor.

“Kalau kita melihat IPM Kabupaten Bogor kan juga masih sangat jauh dari harapan rata-rata lama sekolah kita juga masih diangka 8,32 sementara target kita harus diangka 8, 61 dan itu masih jauh tetapi juga harapannya bagaimana ormas seperti Matlahul Anwar yang memiliki 75 lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh kabupaten Bogor yang ada di pelosok-pelosok ini harus ada kerjasama untuk meningkatkan lama rata-rata sekolah,” tukasnya.

** Andres

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version