32.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Jaga Keutuhan Bangsa, Sosialisasi 4 Pilar MPR Mesti Terus Dilakukan

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Sekretaris MPR-RI Fraksi Partai Demokrat H. Anton Sukartono Suratto, M.Si melakukan kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR-RI di Pendopo Puri Cikeas, Minggu (25/9/2022).

Dalam kesempatan itu, dia memaparkan jika sosialisasi empat pilar MPR-RI harus terus dilakukan untuk menjaga keutuhan bangsa.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat itu juga menjelaskan bahwa empat pilar MPR-RI ini hadir karena sejarah panjang perjalanan republik ini.

“Sosialisasi ini mampu menjadi bekal untuk kita semua dalam menjaga keutuhan bangsa,” tegasnya.

Menurut Kang Anton, begitu ia akrab disapa, sosialisasi lahir dari keprihatinan terhadap ketidaktahuan dan ketidakpahaman masyarakat tentang 4 Pilar MPR-RI.

“Kita tahu ada pejabat publik di Indonesia yang mengundurkan diri karena tidak hafal Pancasila. Itu langkah yang bijak,” jelasnya.

Apalagi, dia melanjutkan, keberadaan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu didasarkan dari sila ke 4 dan ke 5 dari Pancasila yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan demikian sudah kewajiban bagi setiap anggota DPR baik dari kabupaten, Provinsi hingga DPR RI untuk mengiplementasikan 4 pilar dalam kehidupan sehari-hari.

Kang Anton juga mengingatkan masyarakat agar menempuh cara yang benar dalam berdemokrasi.

“Berjuang demi demokrasi yang lebih baik memang harus melalui parpol. Cara menyalakan lilin ya masuk ke politik. Melakukan hal-hal baik yang belum dilakukan orang lain sesuai potensi kita dan tidak ikut-ikutan menjadi pihak yang gelap,” katanya.

**gp-ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles