Bapopsi Gelar Pelatihan Olahraga Tradisional Bagi Guru se-Kecamatan Nanggung 

0

Nanggung | Jurnal Bogor 

Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. melakukan kegiatan pelatihan olahraga tradisional bagi guru sekolah dasar.

Pelatihan olahraga tradisional itu berlangsung di gedung PGRI Nanggung dengan diikuti hampir seluruh guru  sekolah dasar se-Kecamatan Nanggung. Olahraga tradisonal yang dilaksanakan seperti sumpit, bakiak, egrang, dagongan dan galasin.

Pelatihan olahraga tradisional tersebut tentu selain untuk menyehatkan, juga menjadi sarana penguat ikatan sosial masyarakat. 

Wakil Ketua Bapopsi Kecamatan Nanggung Sukadir mengatakan, pelatihan olahraga tradisional ini untuk melestarikan agar olahraga tersebut bisa akrab dengan generasi muda.

“Dengan olahraga tradisional ini mereka tidak terpaku kepada permainan game yang ada di gadget sehingga pasif anak-anak itu tidak mempunyai gerak yang dinamis,” katanya.

Menurutnya, dengan pelatihan terhadap guru, agar nantinya dapat disalurkan kepada masyarakat maupun anak didik sekolah. 

Selain itu, setiap tahunnya baik tingkat provinsi dan kabupaten kerap mengadakan event, sehingga nanti ada perwakilannya untuk ikut dalam event tersebut.

“Kita dari Bapopsi saat ini mengadakan pelatihan bagi guru sekolah dasar agar guru juga dapat memperkenalkan olahraga tradisional ini kepada anak- anak sekolah,” ucapnya.

Dia berharap, olahraga tradisional ini bisa berkembang dan dikenal oleh masyarakat Kabupaten Bogor maupun dunia. 

“Mudah-mudahan masyarakat dapat kesehatan dan kebugaran meningkat sekaligus budaya bangsa lestari,” tutupnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here