Pemdes Gunung Putri Ikuti Bank Sampah Award 2022 PT.Indocement Tunggal Prakasa Tbk

0

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Pemerintah Desa Gunung Putri, Gunung Putri, Kabupaten Bogor mengikuti lomba Bank Sampah Award 2022 yang diselenggarakan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk untuk 12 desa binaannya.

“Hari ini adalah kegiatan penilaian Bank Sampah Award yang kedua. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari SGP PT Indocement terhadap penggiat lingkungan khususnya bank sampah yang ada di 12 desa binaan, termasuk kami Pemerintah Desa Gunung Putri,” kata Kepala Desa Gunung Putri, Daman Huri kepada Jurnal Bogor, Senin (28/11).

Daman Huri mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dimana sesuai dengan program-program Desa Gunung Putri terhadap pengentasan kemandirian sampah, dan pengentasan pengambilan sampah. 

“Selain apresiasi, saya juga mengusulkan kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor agar juga memberikan apresiasi berupa lomba tingkat Kabupaten,” ujarnya A Heri sapaan akrabnya.

“Sehingga nanti konsentrasi dari permasalahan sampah bisa dikonsentrasikan dengan turunnya regulasi dari Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap lomba bank sampah se-Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Daman Huri juga membuat tagar sampah terhenti di desa sehingga nanti program kemandirian Desa Gunung Putri terhadap sampah ini bisa mandiri didalam pengolahan, dan sampah bisa terhenti di desa.

“Dengan begitu akan mengurangi juga budget anggaran dari Pemerintah Desa dan Pemkab Bogor jika usulan kami tentang Bank Sampah Award tingkat Kabupaten bisa dilaksanakan. Sehingga bergerak 416 desa 19 kelurahan di Kabupaten Bogor bisa terjadi dan ini luar biasa menurut saya, pertama kali kabupaten di Indonesia yang konsentrasi di dalam pementasan sampah secara mandiri,” paparnya.

Menurutnya, Pemerintah Desa Gunung Putri sudah membentuk bank sampah di 46 titik yang tersebar di 46 RT se-Desa Gunung Putri. Sehingga kedepannya akan bisa bersinergi dengan Kabupaten Bogor jika ada regulasi tentang lomba Bank Sampah Award tingkat Kabupaten Bogor.

“Pemdes Gunung Putri juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas penggiat ibu-ibu yang sudah militan sekali membuat bank sampah di desa di 12 desa binaan PT Indocement. Sehingga ibu-ibu ini menjadi pionir ke depannya untuk menjadi pilot project di desa-desa lain tentang pengentasan sampah yang terjadi di tiap-tiap RT atau RW di desa masing-masing,” ujarnya.

Dia berharap Bank Sampah Pemdes Gunung Putri keluar menjadi juara dalam perlombaan  Bank Sampah Award 2022 yang digelar oleh PT Indocement tersebut.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here