34.1 C
Bogor
Monday, May 13, 2024

Buy now

spot_img

Tumbuhkan Perekonomian Warga, Pemdes Pangkaljaya Hotmix Jalan

Nanggung | Jurnal Bogor 

Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkaljaya, Nanggung, Kabupaten Bogor melakukan berbagai kegiatan pembangunan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat dari dana satu miliar satu desa (Samisade) tahun 2022.

Program yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor itu, saat ini pihak Pemerintah Desa Pangkaljaya memfokuskan pada pembangunan infrastruktur dan dalam pengerjaan, pihak desa memperdayakan masyarakat sekitar.

Adapun pembangunan dialokasi untuk dua titik yaitu aspal hotmik jalan lingkungan dan turap yang berlokasi di RW 08 dan Rw 10.

Kepala Desa Topik Sumarna menjelaskan, kegiatan pekerjaan tersebut dengan Tim Pengelola Kegiatan Barang dan Jasa (TPK BJ) dan masyarakat, baik tingkat RT maupun RW sehingga dalam pekerjaannya sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Pengaspalan hotmix jalan ini agar nantinya mempermudah akses jalan warga untuk pertanian, memperlancar aktivitas warga,” jelasnya.

Setelah akses jalannya membaik, kata dia, maka aktivitas warga pun menjadi lancar. Sebab, akses jalan tersebut menjadi faktor penting dalam distribusi hasil pertanian dan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat di Desa Pangkaljaya.

Diakuinya pembangunan infrastruktur di desanya saat ini belum maksimal, lantaran keterbatasan anggaran. Oleh karenanya, pembangunan dilakukan secara bertahap.

“Karena segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai. Salah satunya yakni keberadaan akses jalan desa dan jalan lingkungan yang layak, tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian khususnya warga Desa Pangkaljaya dan masyarakat pada umumnya,” tukasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles