31.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

3 Pekan Kampung Cimandirasa Diterjang Longsor, Pemdes Sadengkolot Minta BPBD Segera Bangun Beronjong

Leuwisadeng l Jurnal Bogor 

Sudah tiga pekan pascabencana tanah longsor terjadi di Kampung Cimandirasa RT 05 RW 02  Desa Sadengkolot, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor belum ada penanganan  dari dinas terkait maupun  Pemerintah Kabupaten Bogor.

Sekretaris Desa Sadengkolot Sudiman memaparkan meski lokasi yang diterjang longsor itu telah disurvei pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, namun hingga kini belum ada informasi lanjutan kapan tebingan yang longsor itu akan diperbaiki.

“Belum ada kejelasan, kapan akan dilakukan pemasangan beronjong tebingan yang tergerus  longsor itu.” kata Sudiman saat  meninjau lokasi longsor, Senin (7/11).

Apalagi sekarang musim penghujan, dia berharap pihak BPBD  secepatnya menanggulangi tebingan yang longsor itu.

“Setelah disurvei BPBD kami minta  solusinya. Sebab pada  2021 lalu, telah mengusulkan anggaran kebencanaan melalui dana desa, tetapi usulan anggaran itu tidak terealisasi,” tandasnya.

Sebelumnya ketua RT setempat, Iwan menyebut tebingan yang dilanda longsor memiliki ketinggian 10 meter dengan panjang  25 meter dan terdapat 5 rumah yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Selain rumah miliknya , kata dia termasuk pemilik rumah yang teracam atas nama Yadi, Hendra, Erum, dan Rahmat.

Iwan menjelaskan, kejadian tebingan longsor sudah kedua kalinya. Pada 2019 lalu di wilayahnya sempat diterjang longsor, namun kali ini longsor terbilang cukup besar sehingga tebingan  bergeser hingga berjarak  dua meter dari rumah warga.

Tak hanya sampai disitu, termasuk ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Genpar Sambas Alamsyah saat melihat kondisi tebingan dihantam longsor yang jaraknya tidak jauh dengan permukiman penduduk, menurutnya, ini seharusnya menjadi perhatian serius pihak Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal ini BPBD.

“Khawatir terjadi diluar dugaan, maka Pemkab Bogor harus segera mengambil tindakan. Kami minta tebingan yang longsor itu segera ditanggulangi,  paling tidak dibangun pemasangan beronjong.” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles