34.4 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Realisasi Samisade, Pemdes Cimande Hilir Bangun Dua Titik Jalan Lingkar

Ciawi|Jurnal Bogor

Warga dua kampung di tiga rukun warga (RW) di Desa Cimande Hilir, Caringin, Kabupaten Bogor, senang setelah akses jalan utama mereka beraktivitas dilakukan pembangunan oleh pemerintah desa (Pemdes) melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun anggaran 2022.

Kepala Desa (Kades) Cimande Hilir, Yudistira mengatakan, untuk realisasi program Samisade tahun ini dengan anggaran sebesar Rp643 juta, Pemdes Cimande Hilir mengalokasikan pembangunan jalan lingkar sebanyak dua titik. Dimana, kedua titik jalan itu menghubungkan antarkampung yang meliputi tiga RW, yakni Kampung Lembursitu meliputi RW 04 dan 05 serta Kampung Babakan RW 03.

Pembangunan jalan lingkar di Kampung  Lembursitu, lanjutnya, menggunakan betonisasi dengan panjang 200 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 15 centimeter.

 “Sebelum dibeton, terlebih dulu jalan lingkar yang meliputi RW 04 dan 05 ini kami lakukan pengerasan dengan menggunakan bahan cor kasar,” kata Kades Cimande Hilir kepada wartawan usai melakukan launching tanda mulai pelaksanaan pembangunan melalui program Samisade, Selasa (01/11).

Meski pembangunan betonisasi jalan lingkar di Kampung Lembursitu ini dianggarkan sebesar Rp 315 juta, namun Kades tidak ingin dalam pengerjaannya terkesan asal-asalan. Sehingga, didalam pengajuan bukan hanya jalan saja, tetapi berikut dengan pembangunan drainase jalan  sepanjang 200 meter dan lebar 40 centimeter.

Sedangkan, pembangunan jalan lingkar di lokasi kedua yang berada di Kampung Babakan, sambung SP panggilan akrab Kades Cimande Hilir,  dianggarkan sebesar Rp 328 juta. Pembangunannya pun dengan cara pengaspalan sepanjang 600 meter dan lebar 2,5 meter.

“Di lokasi jalan yang dilakukan pengaspalan, kami juga membangun turap atau tembok penahan tanah (TPT) setinggi 3 sampai 5 meter dan panjang 800 meter,” paparnya.

SP berharap, adanya pembangunan infrastruktur jalan yang ada di tiga RW ini, dapat membawa dampak positif terhadap keberadaan warga, terutama untuk memperlancar aktivitas sehari-hari.

 “Mudah-mudahan dengan keberadaan infrastruktur jalan yang bagus, bisa meningkatkan perekonomian warga juga,” harapnya.

Sementara, Medi, Ketua RW 05 Kampung Lembursitu menyatakan, pembangunan jalan lingkar yang sedang tahap pengerjaan ini, sangat diinginkan dan dinantikan warga. Alasannya, jalan yang dibangun ini merupakan akses utama warga beraktivitas.

“Kalau warga yang menggunakan kendaraan roda empat, hanya jalan ini akses satu-satunya. Ada juga jalan setapak perkampungan yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua,” jelasnya.

Medi mengapresiasi Pemdes Cimande Hilir dibawah kepemimpinan Kades SP, karena sudah mengalokasikan anggaran program Samisade untuk membangun infrastruktur jalan di wilayahnya.

“Baru sekarang saat dipimpin Kades SP jalan ini dibangun. Kami dan warga Kampung Lembursitu sangat berterimakasih kepada Pemdes maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, akhirnya jalan ini dibangun juga,” tukasnya.

Selain dihadiri Camat Caringin dan para staf kecamatan, dalam acara launching, turut didampingi tim teknis verifikasi konstruksi dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah II, Babinsa dan Babinmas, para tokoh, RT, RW serta kader Desa Cimande Hilir.

** Dede Suhendar/Deni Pratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles