26.9 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Samisade Cair, Pemdes Sadengkolot Bangun 3 Kegiatan 

Leuwisadeng | Jurnal Bogor 

Pemerintah Desa (Pemdes) Sadengkolot, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor melakukan launching pembangunan program satu miliar satu desa (Samisade) termin pertama dengan persentase 60 persen. 

Sekretaris Desa Sadengkolot Sudiman mengatakan, kegiatan yang dibangun dalam program Samisade kali ini dalam satu titik di Kampung Pabuaran Dua, RW 07 dan RW 08 ada tiga kegiatan pembangunan.

Pembangun tersebut merupakan akses jalan desa yang tembus ke jalan kabupaten untuk menopang perekonomian masyarakat. Sebab kondisi jalannya juga kini sudah rusak.

“Untuk pelebaran jalan dari sta 0 sampai 700 meter dengan rincian lebar 50 cm ketinggian betonisasi itu 10 cm, sementara volume hotmix sepanjang 1.260 meter,”  ucapnya, Senin (31/10).

Sudiman menyebut, awalnya realisasi pembangunan Samisade itu masih ada perubahan-perubahan. Kendati pihaknya melaunching program termin pertama itu yang mana anggaran sudah cair dengan skema 60-40 persen.

“Kita melaksanakan termin 60 persen itu untuk tembok penahan tebing (TPT), pelaksanaan pembangunan pelebaran jalan dengan betonisasi dan pengaspalan hotmix,” tegasnya.

Dia menjelaskan, dalam mempertanggung jawabkan pelaporan diwajibkan hanya 50 persen dari anggaran 60 persen yang dilaksanakan.

“Jadi kita mengikuti juknis yang ada, dengan pelaporan fisik itu 50 persen,” ucapnya.

Dengan begitu, dirinya optimis pekerjaan tersebut tepat waktu. Bahkan pekerjaan yang melibatkan masyarakat setempat tersebut mendapat anggaran Rp1 miliar.

Sementara, Kasi Ekbang Kecamatan Leuwisadeng Roro Rina mengatakan, saat ini di wilayahnya sebanyak 8 desa hampir seluruh mendapatkan program tersebut. Bahkan per desa cukup banyak yang mendapatkan satu miliar. 

“Rata-rata di Kecamatan Leuwisadeng  semua mendapatkan program ini, kita optimis di wilayah tim kita akan tepat waktu dalam pelaksanaan pembangunannya, dan kita menginginkan pertengahan November sudah pencairan termin kedua,” katanya 

Dia bersyukur dengan adanya program tersebut. Sebab janji-janji para kepala desa terpenuhi. Dia berharap, desa bisa menjalankan program Samisade ini dipergunakan untuk sebaik mungkin jangan ada masalah di kemudian hari.

“Ini kan untuk membantu masyarakat. Jadi para kepala desa harus bisa mempergunakan program ini sesuai RAB,” tukasnya.

** Andres 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles