34.2 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

5 Rumah di Sadengkolot Terancam Longsor

Leuwisadeng l Jurnal Bogor 

Bencana tanah longsor terjadi di Kampung Cimandi Rasa RT 05 RW 02  Desa Sadengkolot, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Longsor ini telah menggerus kandang ternak dan 5 rumah rawan terbawa longsor.

“Longsor terjadi pada dua pekan lalu,” kata Ketua RT setempat Iwan kepada Jurnal Bogor, Kamis (27/10).

Tebingan yang dilanda longsor memiliki ketinggian 10 meter dengan panjang  25 meter dan terdapat 5 rumah yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Selain rumah RT Iwan, kata dia, pemilik rumah yang teracam atas nama Yadi, Hendra, Erum, dan Rahmat.

Iwan menjelaskan, kejadian tebingan longsor sudah kedua kalinya, pada 2019 lalu di wilayahnya sempat diterjang longsor. Namun kali ini longsor terbilang cukup besar sehingga tebingan  bergeser hingga berjarak  dua meter dari rumah warga.

Sementara, Sekretaris Desa Sadengkolot Sudiman membenarkan terjadi longsor di tengah pemukiman penduduk. Hal ini terjadi bukan hanya di Kampung Cimandirasa,  termasuk di kampung Sindangwangi disebabkan faktor alam dan nyaris memutus akses jalan di kampung itu.

“Namun masalahnya jelang tahun 2023 ini, semua anggaran sudah terploting dimasing-masing wilayah untuk pembangunan 2022,” tukasnya.

Warga berharap tebingan yang diterjang longsor itu dilakukan  pemasangan beronjong  maupun TPT dari BPBD Kabupaten Bogor.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles