33.3 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

UPT 2 Dishub Cileungsi Bakal Tertibkan Parkir Liar Bogor Timur

Cileungsi | Jurnal Bogor 

Maraknya keberadaan parkir liar di wilayah Bogor Timur membuat Dinas Perhubungan akan mengambil tindakan tegas dengan melakukan penertiban. Hal itu lantaran, potensi pajak parkir di wilayah Bogor Timur belum terserap secara maksimal karena banyaknya lokasi parkir ilegal.

Kepala UPT 2 Dishub, Jaya mengatakan, rencananya UPT Dishub Bogor Timur akan melakukan penertiban secara berkelanjutan untuk menekan keberadaan oknum yang mencari keuntungan pribadi dari keberadaan tempat parkir.  

“Kita akui memang sejauh ini masih banyak lokasi parkir ilegal di beberapa titik yang sampai saat ini masih berjalan.  Umumnya memang parkir tersebut dikelola oleh lingkungan, tapi sejauh ini memang tidak ada koordinasi dengan kami dari Dishub apalagi sampai ada setoran retribusi,” kata Jaya kepada Jurnal Bogor, Selasa (25/10).

Menurut dia, UPT 2 secara kelembagaan memang memiliki target retribusi yang harus disetorkan ke kas daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). Salah satu sumbernya adalah pengelolaan parkir tepian jalan umum dan lokasi parkir lainnya sebagaimana ditetapkan oleh peraturan daerah Kabupaten Bogor.

“Ke depan kami akan lebih optimalkan lagi pendapatan asli daerah dari sektor retribusi parkir ini,” ucapnya.

Jaya mengatakan, langkah penegakan aturan dan penertiban lokasi parkir ilegal akan segera dilakukan bekerjasama dengan aparatur terkait, baik dari pihak kepolisian, kecamatan, maupun desa. Hal ini, guna mengurangi praktik pungutan liar dari lokasi parkir yang saat ini masih marak.

“Tentunya kita arahkan agar keberadaan lokasi parkir ini memenuhi aturan dan bisa berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah. Jadi ke depan tidak ada lagi praktik pungutan liar dari lokasi parkir yang hanya menguntungkan oknum dan segelintir pihak,” tandasnya.

** Taufik / Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles