28.3 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Soal Pemekaran Botim, Ini Kata Apdesi Gunung Putri 

Gunung Putri | Jurnal Bogor  

Adanya pro dan kontra dari sejumlah warga Kecamatan Gunung Putri, terkait pemekaran Bogor Timur yang digaungkan oleh Presidium Bogor Timur, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Gunung Putri, Udin Saputra ikut angkat bicara.

Menurutnya, gejolak dalam sebuah kebijakan atau keputusan di setiap organisasi merupakan hal yang wajar. Apalagi kaitan pemekaran Bogor Timur menjadi kabupaten mandiri ini sangat banyak pertimbangan.

Selain sudah diketok oleh DPRD Kabupaten Bogor dan Provinsi Jabar, pusat pemerintahan Bogor Timur ini sudah ditentukan yakni di Kecamatan Jonggol. Bagi sebagian warga Kecamatan Gunung Putri, merasa lebih dekat ke Kecamatan Cibinong untuk mengurus segala adminisrtasi.

“Karena merasa lebih dekat ke Cibinong untuk urus administrasi, kalau ke Jonggol mungkin terlalu jauh apalagi kalau macet gak ada jalan lain lagi. Mungkin itu yang menjadi alasan beberapa warga Kecamatan Gunung Putri yang menolak pemekaran,” kata Udin Saputra kepada Jurnal Bogor, Kamis (13/10).

Oleh karena itu semestinya, jelas Udin yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Ciangsana menambahkan, persoalan ini harus diakomodir oleh Presidium Bogor Timur agar tidak menjadi gejolak yang berkepanjangan.

“Saya rasa Presidium Bogor Timur harus turun ke bawah lagi untuk mensosialisasikan kenapa harus dimekarkan Bogor Timur ini. Untuk penolakan dari beberapa warga saya rasa sah sah saja, agar Presidium mendapatkan masukan dari masyarakat Bogor Timur,” jelasnya.

Sekretaris Apdesi Kecamatan Gunung Putri, Amir Arsyad menegaskan, meski ada pro dan kontra dari masyarakat terkait pemekaran Bogor Timur ini merupakan hal yang wajar. Namun harus dilihat urgensinya terkait percepatan pembangunan infrastruktur dan SDM masyarakat, maka harus dilakukan pemekaran.

“Kalau ada segelintir yang menolak itu merupakan hal yang wajar. Berarti warga Gunung Putri peduli dengan pergerakan Presidium Bogor Timur agar lebih terarah. Artinya tidak manut saja namun ada masukan agar pemekaran bisa segera terwujud,” ucap Amir.

Namun para kepala desa yang ada di Kecamatan Gunung Putri mendukung penuh untuk pemekaran Bogor Timur. Mengingat, Kabupaten Bogor memang sangat luas sehinggai harus dimekarkan.

“Pertama kaitan pembangunan infrastruktur maupun SDM-nya biar berimbang. Lalu jika terjadi pemekaran secara jarak memang lebih dekat ke induk untuk mengurus administrasi. Tapi apapun itu pasti ada konsekuensinya, kalau mau mandiri ya harus dilakukan pemekaran,” tandasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles