32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Pemerintahan Desa Nambo Adakan Sedekah Bumi 2022

Klapanunggal | Jurnal Bogor 

Pemerintahan Desa Nambo mengadakan sedekah bumi yang merupakan tradisi turun temurun sebagai bentuk ucapan rasa syukur atas hasil bumi yang diberikan oleh Allah SWT. Kegiatan sedekah bumi digelar di pelataran Kantor Desa Nambo, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Rabu (12/10).

Kepala Desa Nambo Nanang

Adapun tradisi yang biasa dilakukan dalam acara sedekah bumi ialah mengumpulkan hasil bumi seperti buah-buahan, biji-bijian, sayur-sayuran, yang dihasilkan di Desa Nambo, dengan diiringi musik jaipong dan tradisional serta kegiatan saweran.

Kepala Desa Nambo Nanang mengatakan, kegiatan sedekah bumi ini merupakan wujud rasa syukur akan hasil bumi yang dihasilkan oleh warga Desa Nambo, mengingat masih ada sebagian warga yang bergantung pada hasil bumi dan tani.

“Rangkaian kegiatan ini diawali pasti dengan doa, dan kita juga hidangkan di tengah-tengah acara semua jenis hasil bumi yang dihasilkan Desa Nambo,” ucap Nanang kepada Jurnal Bogor, Rabu (12/10).

Menurutnya, bahan pokok yang kita makan itu merupakan hasil bumi dan nikmat dari Allah, selain memang menjadi tradisi tahunan kegiatan heleran sedekah bumi ini untuk memperkenalkan kepada para penerus anak dan cucu yang harus menjaga alam.

“Sumber Daya Alam kita sangat bagus dan tanah kita juga subur, hanya saja seiring berjalannya waktu lahan di daerah habis oleh industri dan pembanguan,” paparnya.

Dia berharap kegiatan sedekah bumi ini selain memang sudah menjadi budaya nenek moyang bisa sekaligus dijadikan ajang silaturahmi antar warga Desa Nambo, karena kegiatan heleran sedekah bumi ini dihadiri oleh semua warga Desa Nambo tumpah untuk menyaksikan kegiatan ini.

“Semoga acara ini jadi berkah, khusunya untuk Pemerintah Desa Nambo, umumnya untuk seluruh warga Desa Nambo,” pungkasnya. 

Ditempat yang sama disampaikan Asnah, warga Nambo. Dia senang dan bersyukur bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan sedekah bumi ini.

 Waktu saya kecil kegiatan sedekah bumi ini menjadi kegiatan rutin, dan alhamdulilah masih bisa dikembangkan sampai saat ini, karena sedekah bumi ini merupakan wujud rasa syukur kita kepada sang pencipta akan bumi yang bisa menghasilkan untuk kebutuhan pokok kita sehari-hari,” ujarnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles