26.9 C
Bogor
Friday, May 10, 2024

Buy now

spot_img

PT Astra Internasional Tebar 500 Bibit Pohon Rambutan dan Bangun Kampung Tematik di Bogor

Bogor | Jurnal Bogor

PT Astra International Tbk. Daihatsu berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membangun kampung tematik anyar di Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat.

Adapun penyerahan bibit pohon rambutan jenis binjai dan rapiah tersebut secara simbolis diberikan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya di Vila Arum Sari, Kayu Manis, Kecamatan Bogor Barat pada Selasa (11/10).

Regional Head DKI 2, Astra International Budhy Lau mengatakan, sebanyak 500 bibit pohon jenis rambutan secara simbolis diserahkan kepada Pemkot Bogor untuk nantinya disebar di pemukiman warga sesuai dengan by name dan addres.

“Kampung tematik (kampung rambutan) di Kelurahan Curug sendiri nantinya berada di bawah binaan Astra Daihatsu. Ini merupakan kegiatan CSR,” kata Budhy Lau.

Menurutnya, Astra International sendiri memiliki empat pilar yang dicanangkan sebagai program CSR miliknya, pertama adalah kesehatan dengan melakukan revitalisasi posyandu untuk meningkatkan pelayanan posyandu dan juga pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Kedua, fokus lada lingkungan seperti urban farming dan tanam buah untuk menunjang ketahanan pangan dan intervensi gizi.

Ketiga, pendidikan yakni dengan pengembangan soft skill bagi kader binaan, sasaranya adalah kewirausahaan dengan mengembangkan potensi UMKM yang tersedia sebagai proses sirkular ekonomi.

Keempat, yang dibangun dibuat adalah kampung binaan Astra yang meliputi empat pilar tersebut.

“Jadi konsepnya tripel bottom line, jadi pengembangan aspek profit berkelanjutan,” ucap Budhy Lau.

“Kita buat ini untuk mendukung pemerintah mencapai target pmbangunan bekelanjutan. Jumlah pohon yang disebar ada 500 pohon rambutan,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Budhy Lau secara berkelanjutan akan mengawal program Kampung Tematik pohon Rambutan hingga panen nanti.

“Setelah panenen, kita akan data mana saja pohon yang memang berbuah maksimal dan kami akam berikan reward,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menyambut baik kegiatan yang dilakukan PT Astra International Tbk. Daihatsu dengan menanam 500 bibit pohon rambutan yang tersebar di kelurahan Curug.

Namun dirinya mengingatkan agar kegiatan ini tak hanya seremonial semata, namun benar-benar menjadi kampung binaan Daihatsu.

“Jangan euforia sesaat, jadi ibu-ibu program program pemkot termasuk P2WKSS disini tidak boleh euforia saja Insya Allah menang, tapi setelah menang itu whas next, nanti gimana, harus semuanya lebih sejahtera, lebih cerdas lebih berdaya semuanya ibu rumah tangga jadi awet,” paparnya.

“Makanya saya seneng kalau pa camat pa lurah beserta kepala dinas bisa berkolaborasi, bekerja sama. Tadi ada 4 pilar, kesehatan, pendidikan, UMKM, dan lingkungan, luar biasa,” lanjut Bima Arya.

Karena itu, Bima Arya meminta agar Pemkot Bogor semakin menggeliatkan program KWT di wilayah melalui program urban farming.

“Insya Allah ya. Jadi KWT-nya di dorong lagi,” tandasnya.

(Honk)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles