Pemdes Singajaya Mulai Susun RKPDes

0

Jonggol | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Singajaya, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Balai Desa, Jumat (30/09). Agenda Musrenbangdes kali ini adalah adalah menetapkan Rencana Kerja Pemerinta Desa (RKP-Des)  Singajaya Tahun 2022/2023.

Hadir dalam Musrenbangdes tersebut, Gogo Badarudin Sekcam Jonggol, Kepala Desa Singajaya Hj.Lili dan jajaran perangkat desa, tokoh masyarakat, dan TP- PKK. 

Kepala Desa Singajaya H.Lili menjelaskan, tim penyusun RKP Desa telah menyelesaikan rancangan RKP Desa yang menjadi pokok bahasan pada Musrenbangdes tersebut.

“Kegiatan Musrembang ini merujuk pada Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Menteri Dalam Negeri No.114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa, Peraturan Menteri Desa pembangunan Desa Tertinggal, dan tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” jelasnya.

Menurutnya, desa wajib menyusun rencana kerja Pemerintahan Desa pada tahun 2022 -2023 ini. Sebagai acuan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) pada tahun berikutnya. Mengingat masih banyak kegiatan-kegiatan di desa sehingga membuat Pemerintah Desa Singajaya harus berbagi anggaran agar semua bisa tersebut dan terealisasi.

“Untuk itu, kami menyediakan dokumen-dokumen keperluan di desa kami ini seperti halnya RKPDes 2022 -2023 ini. Selain ini, kami berharap dokumen yang dipublikasikan ini bisa membantu dan mempermudah desa dalam melaksanakan tahapan penyusunan perencanaan sesuai dengan tahapan penyusunan RKPDes ini tertuang dalam Permendes  No.21 tahun 2022 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Singajaya  dengan tahapan meliputi:pembentukan tim penyusun RKP Desa tahun 2023 antara lain bidang  infrastruktur, renovasi gedung kantor desa, pemasangan PJU, dan fasiltaa Posyandu,” papar Lili.

 Ditempat yang sama Gogo Badarudin dalam sambutannya menyampaikan Musrenbang harus mempunyai target capaian sesuai dengan visi dan misi.

“Kami selaku Pemerintah Kecamatan Jonggol  juga berpesan agar pembangunan yang diusulkan dan dilaksanakan harus tepat sasaran serta menjadi nilai tambah perekonomian warga Desa Singajaya,” pungkasnya.

** Ramses/ Nay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here