30.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Peringati Hari Rabies Dunia, Puskeswan Jonggol Gelar Vaksin Gratis

Jonggol | Jurnal Bogor 

Hari Rabies Dunia yang diperingati setiap 28 September menjadi kampanye global di setiap daerah. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah penyakit rabies. Pemilik  binatang peliharaan untuk ikut berpartisipasi dalam penanggulangan penyakit rabies dengan melakukan vaksinasi kepada hewan peliharaannya. 

Kasubag TU Puskeswan Jonggol Drh.Toif Koswara mengungkapkan bahwa di wilayah  Puskeswan Jonggol untuk Kecamatan Jonggol, tidak ditemukan kasus rabies.

” Pada peringatan rabies sedunia ini  kami sudah memberikan lebih kurang 200 dosis vaksinasi pada hewan peliharaan yang menjadi sumber penyakit rabies,” ujar Drh.Toif kepada Jurnal Bogor, Rabu (28/09).

Ia menambahkan, 200 dosis vaksin tersebut berasal dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bogor. Perlu diketahui program vaksinasi rabies tersebut merupakan salah satu cara memberantas dan mencegah penyakit rabies yang disebabkan oleh virus pada hewan  seperti anjing dan kucing sehingga para pemilik hewan peliharaan yang ada di rumah agar selalu menjaga kesehatan dan memeriksakan hewan secara rutin.

“Diminta kepada pemilik hewan peliharaan harus secara rutin memeriksakan kesehatan hewan ke dokter hewan terdekat, baik di Puskeswan atau di pet shop terdekat. Kami sarankan untuk setiap tahun agar memvaksinkan anjing atau kucing yang dipeliharanya. ” pesannya.

Marsela Bruno yang menjabat ketua Komunitas Animal  Deplover Perumahan Citra Indah Jonggol yang turut memvaksin hewan kesayangannya mengaku  program vaksinasi rabies ini dapat memberikan perlindungan pada kucing dan anjing kesayangannya.

“Senang sekali bisa dapat vaksin gratis. Program vaksinasi gratis rabies ini sangat disambut positif oleh para anggota komunitas. Mendapatkan informasi ini kami serta para anggota komunitas langsung berdatangan ke lokasi yang berada di Blok Azaels Blok AF.00 No.90  Perumahan  Citra  Indah Jonggol,” pungkasnya.

** Ramses/Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles