32.6 C
Bogor
Tuesday, April 16, 2024

Buy now

spot_img

MusrembangDes 2023, Desa Sukamanah Fokus Pemulihan Ekonomi dan Infrastruktur 

Jonggol | Jurnal Bogor 

Pemerintah Desa Sukamanah, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja (RKP-Desa) untuk tahun anggaran 2023. Agenda rutin tahunan yang digelar di balai desa tersebut dibuka Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Jonggol, Timbul, serta dihadiri Kades Sukamamah Hadi Sutardi, Ketua BPD Cecep Jamaludindan beserta anggotanya, pendamping desa, kader posyandu, tokoh masyarakat, karang taruna, PKK, kadus dan perwakilan warga setempat. 

Hadi Sutardi mengatakan pelaksanaan Musrenbang  RKP Desa mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan desa dan Permen Desa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang musyawarah desa. 

“Dilaksanakannya Musrenbang ini untuk menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa Sukamanah untuk tahun anggaran 2023 yang akan datang,” papar Hadi kepada Jurnal Bogor, Rabu (27/09).

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Desa Sukamanah untuk bersama-sama, bergotong royong, menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa sehingga kedepannya nanti Desa  Sukamanah dapat menjadi lebih baik dalam sisi pembangunan. Dan untuk program prioritas Desa pada 2023 mendatang yakni fokus pada pemulihan ekonomi desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan penanganan infrasruktur  jalan desa.

“Jadi untuk fokus kita di tahun 2023 itu lebih kepada pemulihan ekonomi desa,  inrastruktur jalan desa dengan menggunakan DD dan Samisade ” bebernya.

Dia berharap usulan yang telah disampaikan warga dalam musyawarah desa dapat segera  terealisasi  serta dapat diakomodir mengacu pada pedoman peraturan.

“Bagi warga yang ingin menyampaikan usulan dipersilakan, akan kita tampung kemudian dievaluasi sesuai kebutuhan dan kondisi anggaran desa yang ada, mudah-mudahan apa yang diusulkan bisa semuanya terealisasikan,” pungkas Hadi.

** Ramses/Nay

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles