32.6 C
Bogor
Tuesday, May 14, 2024

Buy now

spot_img

Mau Dibangun Pedestrian, 300 Lapak PKL Bogor Barat Dibongkar

JURNAL INSPIRASI – Sebanyak 300 lapak pedagang kaki lima (PKL) dk kawasan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat dibongkar aparat gabungan dari unsur Satpol PP, TNI dan Polri, Selasa (27/9).

Kepala Bidang Trantibum Linmas Satpol PP, Andry Sinar Wahyudianto mengatakan bahwa lapak PKL yang dibongkar dimulai dari Jalan Raya Cifor, Bubulak-Simpang Situ Gede.

“Pembongkaran ini dilakukan karena ini merupakan aset dari pemkot bogor karena direncanakan ke depan bakal ada penataan wilayah kawasan jalan cifor atau situgede,” ujarnya kepada wartawan.

Menurut dia, pembongkaran sudah dilakukan sesuai tahapan mulai dari sosialisasi hingga peringatan 1 sampai 3. “60 persen PKL sudah membongkar secara swadaya, 40 persennya belum,” ucapnya.

Kata dia, PKL menempati lahan milik Jementerian Kehutanan, namun sudah diserahterimakan ke pemkot dan sekarang menjadi milik pemkot. “Kedepan akan dibangun pedesterian dan jalur hijau disini,” ucapnya.

Ia menegaskan bahwa ratusan PKL sudah melalui prosedur yang berlaku. Mulai dari tahapan sosialisasi, pemberian peringatan 1-3 hingga pelaksanaan penertiban.

“Awal dari tahun 2019, terakhir tahun 2021 sudah dilakukan rapat penataan kawasan Jalan Cifor. Jadi memang sudah sesuai tahapan sampai hari ini dan sesuai prosedur juga,” ungkapnya.

Andry menambahkan, dalam penertiban kali ini pihaknya menurunkan 300 petugas.

Sementara itu, Camat Bogor Barat, Abdul Rahman mengaku tengah mengupayakan tempat relokasi bagi ratusan PKL ini, terutama kepada para pemilik lahan di kawasan Situgede.

“Kami akan koordinasikan untuk relokasi. Tapi, butuh waktu memang, tidak langsung. Kita koordinasikan dengan dinas terkait, tokoh masyarakat, yang punya lahan untuk bisa relokasi penampungan PKL, kita akan kooedinasi dengan pengelola Situ Gede,” jelasnya.** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles