28.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Korban Tanah Bergerak Bojong Koneng Mulai Terserang Ispa 

Babakan Madang | Jurnal Bogor

Sejumlah penyakit mulai menyerang para pengungsi di pos-pos pengungsian  bencana tanah Bergerak di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng,Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Sedikitnya ratusan warga terjangkit penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (Ispa).

Kepala Puskesmas Cijayanti Dokter Fitri mengatakan, pihaknya tengah melalukan pengobatan rutin kepada ratusan warga yang terdampak bencana tanah bergerak dipos pengungsian. 

“Pengobatan rutin dilakukan mulai kepada balita hingga lansia dipos pengungsian bencana tanah Bergerak di Kampung Curug,” jelasnya, Senin (26/09).

Adapun jenis penyakit yang dikeluhkan warga yakni sakit kepala atau pusing, Ispa, demam hingga gatal-gatal. 

“Hasil pemeriksan Puskesmas Cijayanti selama seminggu ini tercatat ada 180 warga umumnya lansia terjangkit penyakit Ispa, atau infeksi saluran pernafasan akut,”terangnya.

Mencegah penyakit ini menular, pihaknya bersama Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) memisahkan pengungsi. 

“Jadi untuk lansia sendiri tendanya dipisahkam dari anak-anak hingga balita, mencegah adanya penularan penyakit ispa,,”jelasnya

Menurutnya, ada 302 kepala keluarga terdampak bencana tanah bergerak di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng yang tinggal di tenda pengungsian.

“Untuk pengobatan rutin maupun ketersediaan tenaga kesehatan dilokasi bencana sudah dilakukan. Bagi warga yang tidak bisa ditangani di pos pengungsian akan dibawa kerumah sakit terdekat. Untuk  obat-obatan hingga pempers disediakan  bagi para pengungsi dan warga yang terdampak bencana,” paparnya.

Sementara itu, Yuyun salah seorang warga mengatakan sudah hampir seminggu dirinya tinggal di pos pengungsian, rumahnya nyaris ambruk diterjang bencana tanah bergerak. 

“Sudah seminggu saya disini, sama anak saya dan keluarga lainnya,” ujarnya.

Dia mengaku selama dipengungsian mengalami demam hingga sakit kepala. “Sudah diperiksan sama dokter jaga di pos pengungsian, katanya Ispa, sudah dikasih obat juga,” ungkapnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles