29.9 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Kabulkan Keinginan Warga, Pemdes Parakanmuncang Bangun Stadion Mini

Naggung l Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor mewujudkan sarana olahraga dengan membangun lapangan sepakbola yang berlokasi di Kampung Cogreg RT 02 RW 03 Dusun 02.

Tokoh masyarakat setempat Dayat Firmansyah mengaku bersyukur dengan dibangunnya lapangan Cogreg. Pasalnya, keinginan warga Parakanmuncang adanya lapangan sepak bola kini terjawab sudah.

“Impian masyarakat ingin adanya lapangan desa, alhamdulillah direspons baik Pak Kades. Diatas lahan satu hektare, target untuk dijadikan stadion mini seluas 100×100 meter per segi,” ujar Dayat Firmansyah kepada Jurnal Bogor, Rabu (21/9).

Dayat Firmansyah yang merupakan penggiat sepak bola sejak 1982 yang saat ini masih aktif  sebagai wasit bercita cita mengembangkan sarana olahraga dikemas menjadi wisata olahraga.

“Mudah-mudahan  lapangan ini terwujud  sampai difungsikan sebagaimana mestinya. Potensi pemain muda sepakbola di Desa Parakanmuncang terbilang cukup banyak. Ada yang masuk SSB bahkan ada yang masuk Porda Jabar,” jelas Dayat.

Dia mengharapkan meski pembangunan fasilitas penunjang olahraga lainnya direncanakan tahun mendatang, namun paling tidak proses pemerataan lahan bisa rampung sekarang ini.

Menurut Dayat, seandainya pemerataan lahan lapangan hingga tahun mendatang, khawatir tahun 2023  akses alat berat itu tidak  semudah sekarang ini.

“Nah, sekarang alat berat bisa lewat, namun tahun 2023 itu belum tentu. Jadi, ini kesempatan, paling tidak  proses pemerataan untuk stadion itu bisa selesai tahun ini,” harap Dayat.

Dia juga menjelaskan, masyarakat desa menginginkan lapangan sepak bola yang luas sehingga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. Dengan adanya stadion mini generasi muda dapat mengembangkan potensinya.

“Sejalan dengan dukungan semua pihak terutama dari Pemerintah Desa,” jelasnya.

Pemerataan lapangan sendiri menggunakan alat berat yang didanai dari anggaran CSR PT Antam.

Sedangkan Ketua RW 03 Kampung Cogreg, Sanju bersama masyarakat dan anggota linmas lainnya ambil bagian dalam menundukung jalannya pembangunan dengan mengamankan alat berat yang digunakan pemerataan lapangan tersebut.

“Dibangunnya stadion olahraga, kami bersama masyarakat sangat mendukung. Bahkan setiap malam, bersama masyarakat, Linmas kebagian jaga mengamankan alat berat,” imbuh RW Sanju.

Sementara dukungan pembangunan lapangan Cogreg datang dari berbagai pihak, termasuk kepala Dusun 01 Andi Suwandi dan masyarakat sekitar Didin mengakui momentum ini sangat tepat karena keberadaan fasilitas olahraga seperti lapangan sepakbola sangat dinantikan warga.

“Sangat tepat kalau pemerataan lahan yang akan dijadikan lapangan bisa rampung tahun ini, sebab  tahun 2023 mendatang pemerintah desa bisa fokus merencanakan membangun fasilitas lainnya,” ujar Didin.

Kepala Desa Parakanmuncang  Mauludin mengaku telah menjawab keinginan warga dengan dibangunnya lapangan sepakbola yang sudah tercetus sejak lama. “Diupayakan pemerataan lapangan berjalan hingga selesai dan fasilitas pendukung tahun depan,” ujarnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles