Pramuka Garuda Diharapkan Jadi Kader Tangguh

0

Ketua Kwarran Nanggung Inginkan Peserta yang Dikirim Jadi Teladan

Nanggung | Jurnal Bogor

Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor melakukan pengukuhan tanda Pramuka Garuda tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Minggu (18/9/2022).

Pengukuhan tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin. Dia meminta seluruh anggota Pramuka Garuda mampu berperan aktif mendarmakan diri kepada masyarakat dimana pun dan menjadi wadah dalam mencetak kader bangsa yang tangguh, tanggon dan trengginas.

“Kegiatan hari ini saya apresiasi atas nama Pemkab, tentunya apa yang sudah dicanangkan Ketua Kwarcab dan jajaran, ingin mencetak 10 ribu kader Garuda bisa tercapai.  Kami harap dengan aktivitas ini jadi sarana untuk mencetak kader bangsa yang tangguh, tanggon dan trengginas, sehingga kedepan kader bangsa lahir dari Kabupaten Bogor khususnya dari keanggotaan Pramuka,” kata Burhanudin.

Sementara Kwartir Ranting Nanggung yang mengikuti kegiatan Tapakan dan Inaugurasi Pramuka Garuda Kwartir Cabang Kabupaten Bogor tersebut, mengirimkan sebanyak 42 peserta dari 3 golongan diantaranya Pramuka Siaga, Penggalang dan Pramuka Penegak.

Sebelumnya Kwarran Nanggung juga melaksanakan kegiatan TC dan pelepasan secara resmi peserta.

Ketua Kwarran Nanggung Ondeng Sofwanudin mengatakan, tujuan Kwarran Nanggung mengirimkan peserta didiknya selain program kerja Waka Binamuda, juga sebagai pembentukan karakter setiap peserta didik.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Kwartir Cabang Kabupaten Bogor yang sudah menyematkan Pramuka Garuda, hal ini Pramuka Garuda adalah capaian tertinggi seorang anggota pramuka di golongannya,” katanya.

Menurut Ondeng, mabigus para kepala sekolah juga dalam hal ini harus punya rasa ingin memiliki gerakan Pramuka. Sebab hal tersebut bukan hanya untuk ketua Kwarran, akan tetapi untuk semua insan pendidikan yang notabene para kepala sekolah baik guru dan pelajar.

“Jadi bukan untuk satu golongan saja, artinya tugas memandirikan, mendewasakan dan mendisiplinkan anak itu adalah tugas bersama-sama, jadi saya ingin temen-temen bisa berkontribusi kedepannya,” kata Ondeng yang juga kepala sekolah SDN Parakanmuncang 02, kepada Jurnal Bogor di ruang kerjanya. kemarin.

Ondeng berharap, peserta yang sudah disematkan di Kwarcab Kabupaten Bogor dalam Tapakan Pramuka Garuda 2022 bisa memberikan contoh yang terbaik, baik di sekolahnya maupun di luar sekolah.

“Diharapkan peserta yang kemarin sudah dilantik menjadi Pramuka Garuda tingkat Penegak saya harap bisa memberikan  teladan bagi teman-temannya,” ungkapnya.

Di tempat terpisah salah satu peserta perwakilan Kwarran Nanggung yang juga purna Jambore 2022 Muhamad Fauzan menjelaskan, persiapan yang dilakukan untuk mengikuti Tapakan Pramuka Garuda. Yaitu mempersiapkan mental, berkas dan mempersiapkan tampilan yang akan ditampilkan nanti di Inagurasi Tapakan Pramuka.

Awalnya dia merasa termotivasi dari alumni-alumni yang telah mengikuti kegiatan serupa untuk menambah ilmu dan wawasan melalui kegiatan tersebut. 

“Tentu saya juga ingin menjadi Pramuka Penggalang yang lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya,” tukasnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here