25.6 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Terkendala Akses, Curug Kembar Cinyenang Dikonsep Lestarikan Alam

Nanggung | Jurnal Bogor

Objek wisata Curug Kembar Cinyenang yang terletak di Kampung Cisangku, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor menyuguhkan persemaian pembibitan pohon endemik hingga wisata alam dan camping ground.

Dengan konsep menjaga kelestarian lingkungan, dan menambah pendapatan dengan mengelolanya sebagai objek wisata, pengelola wisata Hendrik menjelaskan, sejak berdirinya kelompok model kampung konservasi (MKK) Cisangku  yang digagas dan dibentuk oleh Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) pada tahun 2007, pihaknya kini mengkonsep objek wisata tersebut berbasis melestarikan alam dan mensejahterakan masyarakat sekitar. 

“Awalnya pada tahun 2009 masyarakat sekitar memanfaatkan dengan persemaian pembibitan pohon endemik. Kami baru membuka tempat ini untuk wisata pada tahun 2021. Alhamdulillah sudah banyak yang berkunjung, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar seperti Tangerang,” ujarnya.

“Karakteristik yang berkelanjutan serta memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar Curug Kembar Cinyenang baru satu tahun berjalan,” tambahnya.

Meski begitu menurutnya, masih terkendala seperti akses jalan yang kurang memadai. Sebab akses jalan untuk menuju ke kawasan tersebut rusak parah. “Itu salah satu kendala bagi para pengunjung dan kami. Jalan menuju ke wisata ini masih rusak,” ungkapnya.

Dengan kerusakan jalan tersebut berdampak pada penurunan pengunjung dan pemasukan. “Padahal kalau jalan milik Pemerintah Kabupaten Bogor ini memadai pasti kami merasakan dari wisata ini,” katanya.

Dia berharap Pemkab mendukung pengembangan wisata konservasi tersebut. “Ini masyarakat yang berada di kawasan Taman Nasional mampu meningkatkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. Tetapi juga menjaga hutan tetap lestari,” tukasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles