34.2 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

Agar Arsip Tertata Baik, Camat Jonggol Gelar Arsipelago

Jonggol | Jurnal Bogor 

Pemerintahan Kecamatan Jonggol mengadakan kegiatan Arsipelago guna memberikan ilmu kepada aparatur pemerintah yang ada di Kecamatan Jonggol agar arsip yang mereka miliki bisa tertata dengan baik. Kegiatan dilaksanakan di aula Citra Indah, Desa Sukamanah, Jonggol, Senin (05/09/22).

Camat Jonggol  Andri Rahman mengatakan, saat ini dia atas nama Pemerintah Kecamatan Jonggol memberikan contoh serta bimbingan teknologi tatacara mengelola arsip, baik yang ada di sekolah, desa maupun UPT, dimana agar arsip tersebut bisa tersusun dan tertata dengan baik.

“Kita kupas perihal tata cara surat masuk dan surat keluar terus bagaimana cara menyimpannya, dan tindaklanjutnya dari surat tersebut nanti akan seperti apa semua kita kupas disini,” ucap Andri kepada Jurnal Bogor , Selasa (06/09/22).

Menurutnya, hal yang saat ini sering terjadi ialah dimana pemerintah desa banyak sekali sering terjadi kehilangan berkas bahkan tidak ada jejak arsip yang seharusnya sebagaimana kantor pemerintahan pada umumnya tidak boleh ada arsip yang hilang guna antisipasi hal-hal atau permasalahan yang akan timbul dikemudian hari.

“Apalagi pemerintah desa, Letter C yang seringkali ada persoalan hilang bahkan tidak ada di desa, bagaimana bisa mengetahui jejak tanah warga yang seharusnya cord-nya itu ada di pemerintah desa sebagai pemegang arsip, maka kami arahkan agar mereka memindahkan ke sistem digital sehingga arsip yang rentan rusak dan hilang jika sudah ada di dalam digital bisa dilindungi,” papar mantan Lurah Pakansari tersebut.

Maka dari itu, dia mengundang Kadis Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor Tb. Lutfi, Sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan, kepala bidang , kepala seksi dan pelaksana Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, para kepala UPT dan TU, para kepala desa  dan sekretaris desa serta operator desa, para kepala sekolah dasar se- Kecamatan Jonggol, koordinator pengawas, operator sekolah, serta manajemen Citra Indah.

” Harapan saya, apa yang dipaparkan oleh Kadis Arsip dan Perpustakaan Daerah bisa dipahami dan diaplikasikan dalam pembenahan arsip di kantor masing-masing, hingga kedepannya arsip di Pemerintah Kecamatan Jonggol tertata dengan baik dan rapi,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles