28.3 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Cigombong Tahun 2022

Cigombong | Jurnal Bogor

Pemerintah Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor pada Kamis, 1 September 2022  mengelar seleksi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan. Kegiatan tersebut berlangsung di Mesjid Al Azim Desa Watesjaya. Acara seleksi MTQ tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Camat Cigombong R.Irwan Soemantri sekaligus didampingi Kapolsek Cigombong, koramil 2123 Cigombong, kepala KUA dan ketua UI.

Camat Cigombong R.Irwan Somantri dalam sambutannya mengatakan, bahwa Lomba MTQ ini merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah kecamatan Cigombong. Diadakannya seleksi ini tiada lain untuk mempersiapkan lomba MTQ tingkat kabupaten Bogor tahun 2022.

Selain itupun, diadakan nya seleksi MTQ ini bukanlah sekedar lomba tetapi untuk mencari qori-qoriah dan hafid hafidzah terbaik, akan tetapi MTQ adalah suatu upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Al qur’an supaya dijadikan sebagai pedoman hidup.

“Selain untuk persiapan lomba nantinya tingkat kabupaten, mtq untuk mencari bakat qori atau qoriah terbaik,” jelasnya.

Selama dua tahun ini kegiatan lomba MTQ tidak dilaksanakan secara  (virtual) dikarenakan kondisi saat itu sedang Pandemi Covid 19,” namun alahmadulilah tahun 2022 kita bisa kembali melaksanakan lomba atau seleksi MTQ seperti biasa”. Ungkapnya.

Selain mewujudkan masyarakat yang religius dan berahlak mulia, lomba MTQ ini juga bisa menjadi nilai nilai islami dalam kehidupan sehari hari,apalagi kecamatan Cigombong salah satu kecamatan yang wilayah banyak sekali pondok pondok pesantren, baik itu pondok pesantren Salafi maupun modern. dan tentunya lomba MTQ ini bisa menjadi motivasi untuk para generasi muda lebih cinta lagi kepada Al Qur’an.ungkap Camat Cigombong

Camat Cigombong berharap, dengan digelarnya lomba MTQ tahun 2022 diharapkan, bisa menciptakan nuansa keislaman lebih kental dikecamatan Cigombong, juga bisa menjadi stimulus bagi Pondok Pesantren, Majlis Taklim hingga sekolah sekolah untuk menggelorakan nilai nilai Al Qur’an yang diaktualkan dalam kehidupan sehari hari, sehingga kecamatan Cigombong bisa lebih maju, lebih tenang dan lebih agamis lagi.

Ucapan terima kasih disampaikan Camat Cigombong kepada panitia,MWC NU, tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala Desa dan BKMT yang telah memberikan dukungan sehingga seleksi MTQ tingkat Kecamatan Cigombong bisa dilaksanakan walaupun sederhana tapi makna dari nilai nilai islami dan silaturahminya sangat terasa.

Sementara itu Ketua LPTQ Kecamatan Cigombong Yedi Rachmawan menyampaikan, bahwa seleksi MTQ bisa menjadi aktualisasi syiar Islam dalam menjalin silaturahmi antar umat beragama menuju masyarakat kecamatan Cigombong yang religius dan berahlak mulia.

Melalui MTQ ini juga diharapkan bisa menjadi semangat atau motivasi para anak anak, remaja dan pemuda akan cinta terhadap Alquran.ucapnya

Panitia seleksi MTQ H.Andi dalam menyampaikan bahwa kegiatan seleksi MTQ tingkat Kecamatan Cigombong tahun 2022 yang diikuti perwakilan pondok pesantren tentunya bisa menjadi rekomendasi para peserta seleksi untuk menampilkan yang terbaik.

“Adapun peserta lomba diikuti sebanyak 60 peserta dengan memperlombakan morotal putra putri, tilawah anak anak putra putri, tilawah remaja putra putri dan tilawah dewasa putra putri,” pukasnya.

** Deny

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles