24.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

BKKBN dan Anton Paparkan Upaya Penurunan Stunting

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerja sama dengan mitra kerja DPR-RI menyampaikan Program Kerja Percepatan Penurunan Stunting yang dilaksanakan di wilayah kerja Khusus Anton Sukartono Suratto di Kabupaten Bogor. Kegitan dilaksanakan di Pendopo Persaudaraan Setia Hati Desa Cikeas Udik Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (31/08/22).

Koordinator Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Provinsi Jawa Barat Ir.Pintauli Romangasi Siregar, MM mengatakan saat ini di Kabupaten Bogor tercatat sebagai penurunan stunting diposisi ke 4 terbesar di Jawa Barat.

” Dengan penduduk terbesar di Jawa Barat memang ada sedikit kesulitan jika harus menyampiakan per wilayah, mengingat waktu dan wilayah lain juga yang harus kami berikan pemaparan tentang persoalan bahayanya stunting terhadap anak,” papar Pintauli biasa disapa kepada Jurnal Bogor, Rabu (31/08/22).

Menurutnya, dengan mengajak ibu-ibu yang masih produktif Srikandi-srikandi dari Partai Demokrat ini dia berharap bisa tersalurkan apa yang disampaikan dalam kegiatan tersebut tentang bagaimana cara mencegah terjadinya stunting, cara mengobati stunting bagi yang memang sudah terkena, karena anak merupakan aset negara yang harus dipelihara dan dibina serta diperhatikan pertumbuhannya sejak dalam kandungan ibu.

“Minimnya pengetahuan dikalangan masyarakat yang menjadi penyebab tingginya angka stunting, oleh karena itu kami dari BKKBN bekerja sama dengan mitra kerja akan gencar dalam mensosialisasikan persoalan stunting ini, agar sampai langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Pintauli menjelaskan, masyarakat taunya mencegah staunting itu harus dengan biaya yang mahal, makanan yang mahal, pola hidup yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang menengah keatas, padahal sejatinya bukan seperti itu.

“Pola asuh yang baik terhadap anak adalah langsung diasuh oleh orang tuanya sendiri, begitupun lingkungan harus baik dan bersih, dan juga pola makanan yang sehat, makanan sehat bukan berarti harus mahal, tapi lebih ke memenuhi standar kebutuhan gizi terutama untuk ibu hamil dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan ” paparnya.

Di lokasi yang sama disampaikan oleh Anggota DPR RI H.Anton Sukartono Suratto dimana kegitan diikuti oleh ibu-ibu dari 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, baik dari wilayah Barat maupun wilayah Timur.

“150 peserta hadir pada hari ini, harapannya apa yang di sampaikan pada hari ini menjadi bekal dan pemahaman untuk warga masyarakat karena Kabupaten Bogor memiliki jumlah penduduk terbesar di Jawa Barat, jika angka stunting bisa berkurang berarti akan berpengaruh juga dengan Jawa Barat menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi program bernama mitra kerja tentang program percepatan penurunan angka Stunting di wilayah tersebut turut dihadiri oleh Hj.Zuana Coran Gumanti, SH.MH ketua Srikandi Demokrat Kabuapaten Bogor, H.Anton Sukartono Suratto,MSi dan Ir.Pintauli Romangasi Siregar, MM mengisi sebagai pemateri serta diselingi oleh pembagian doorprice berupa setrika, megicom, TV dan sepeda gunung.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles