26.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Desa Leuwiliang Serahkan Alsintan ke Gapoktan

Leuwiliang l Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Leuwiliang, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor menggelar sosialisasi dan launching pertanian terhadap Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Senin (29/8). Acara launching tersebut, sekaligus penyerahan bantuan alat  mesin pertanian (alsintan) berupa traktor, hewan ternak (kambing) dan  bibit pohon

Kepala Desa Leuwiliang, H. Iman Nurhaiman mengatakan alam membangun zona ketahanan pangan di wilayah desanya kini mulai dilakukan salah satu pemberiannya adalah alsintan. Penyerahan alat pertanian ini merupakan implementasi mendukung para petani agar lebih berkembang dan modern.

“Selain modern,  program ketahanan pangan ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan para petani,” harap H Iman Nurhaiman.

Menurutnya, sesuai peruntukannya bahwa anggaran Dana Desa yang diterimanya digulirkan  20 persen untuk program ketahanan pangan nabati dan hewani.

Sebelum bantuan program ketahanan digulirkan ke Gapoktan, pihak desa mengelar Musdes. Hasil Musdes tersebut disepakati bersama bahwa bantuan itu disesuaikan dengan kebutuhan Gapoktan yang ada di wilayah diantara bantuan traktor bagi petani, kambing, bibit pohon.

“Kita serahkan ke Gapoktan yakni 2 traktor ke Kelompok Laksana Varietas Poktan SRI Rejeki. Untuk Hewani diserahkan bantuan kambing 4 ekor, dan irigasi di Lintasan RW 13 ke RW 09 Jeruk limau 200 pohon,” ujarnya.

Iman menambahkan adanya program ketahanan pangan dari pemerintah pasca pandemi, tentunya bisa meningkatkan usaha dan perekonomian masyarakat, khususnya para petani yang ada di Desa Leuwiliang.

Petani yang biasanya sewa alat untuk membajak sawah sekarang sudah punya traktor. Untuk bantuan hewani, bantuan kambing tentunya dirawat dengan baik.

“Bantuan yang sudah diserahkan ke Gapoktan tentunya ada evaluasi. Nantinya, desa bakal mengecek ke setiap Gapoktan apakah program tersebut berjalan dengan baik atau tidak, ” pungkasnya.

Penyerahan bantuan dalam upaya ketahanan pangan dan hewani kepada Gapoktan berlangsung di aula Desa Leuwiliang yang dihadiri Camat Leuwiliang dan BPD Desa Leuwiliang Babinsa dan Bhabinkamtimas.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles