26.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Disurvei Dinkes, Pustu Sukaluyu Dipastikan Dibangun 2023

Nanggung l Jurnal Bogor

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor  Anni Bersari Kristina menyambangi gedung pelayanan kesehatan Puskesmas pembantu (pustu) di Kampung Sawah RT 02 RW 04 Desa Sukaluyu, Kecamatan Nanggung. Dinkes merespons kebutuhan masyarakat agar gedung pustu yang sudah tak layak itu bisa dibangun kembali.

Menurut Anni Bersari, bangunan pustu di Desa Sukaluyu itu memang sudah tidak layak karena kondisi bangunannya sudah banyak yang retak-retak, kemudian bolong di atas plafon serta pintu-pintu juga ada yang sudah tidak ada.

“Memang pustu itu selain tidak layak, bahkan terlihat toilet juga sudah tidak berfungsi,” kata Anni Bersari Kristina ditemui saat survei gedung pustu kepada Jurnal Bogor, Rabu (24/8).

Dia menjelaskan, untuk pembangunan pustu itu kalau  dibuat di perubahan anggaran, tidak memungkinkan sebab bangunan ini pustu ini jelas tidak layak dan harus dibongkar total.

“Tidak mencukupi apalagi penunjukan langsung (PL)  itu dibawah 200 juta, sebab gedung pustu itu harus dibangun total karena sudah tidak layak.” ringkas Anni.

Meski demikian, pelayanan kesehatan tetap berjalan, dan gedung pustu akan dibangun pada 2023 mendatang.

Sebelumnya, anggota DPRD Kabupaten Bogor Permadi Dalung mengatakan, pihaknya akan terus  mendorong anggaran  pembangunan atau renovasi bangunan pustu dengan kondisi tak layak. Pustu ini masih  digunakan melayani warga yang memeriksa kesehatan meskipun membahayakan masyarakat dan petugas kesehatan.

“Bangunan pustu yang tak layak itu, sebelumnya sudah saya forward ke Kadinkesnya (Kepala Dinas Kesehatan). Insya Allah perencanaan pembangunan gedung pustu  bisa terealisasi 2023,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles