27.6 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Pustu yang Rusak Berat di Sukaluyu, Sekda: Kami Setuju Ini Prioritas

Nanggung l Jurnal Bogor

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor (Sekda) Burhanuddin merespons positif keinginan warga yang setuju Puskesmas pembantu (pustu) di Kampung Sawah RT 02 RW 04 Desa Sukaluyu, Kecamatan Nanggung harus segera dibangun pada tahun ini.

Burhanudin

“Adanya pustu yang telah rusak itu langsung kami komunikasikan dengan  pihak Dinas Kesehatan. Langsung kami diperintahkan, pihak Dinkes harus cek ke lokasi gedung pustu yang rusak itu,” ujar Burhanuddin kepada  Jurnal Bogor, Senin (22/8).

Menurutnya, Dinkes harus cek dan progresnya bisa dimasukkan pada perubahan anggaran. “Dinkes sudah kami perintahkan, pustu yang merupakan pelayanan masyarakat di Sukaluyu itu, cek apa sudah masuk di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) apa belum. Kalau sudah, kami setuju pustu itu bisa dimasukan pada perubahan anggaran sehingga pustu di Desa Sukaluyu bisa dibangun tahun 2022 ini,”  jelasnya.

Pasalnya, pusat  pelayanan kesehatan yang menjadi dasar kebutuhan masyarakat di Desa Sukaluyu, kata dia, jika telah rusak harus menjadi prioritas pembangunan. “Ini dasarnya ada, karena sudah rusak berat. Mudah mudahan pustu itu bisa dilakukan perbaikan di tahun 2022 ini,” kata Sekda lagi.

Sebelumnya, Kepala Desa Sukaluyu Aos Hermawan menyebut gedung pustu yang berada di wilayahnya selain sudah lama rusak, ditambah ketiadaan  listrik dan toilet. Aos menerangkan, gedung pustu  memiliki  empat ruangan, namun karena dianggap membayakan sehingga yang bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan hanya satu ruangan saja.

“Pasien menuggu giliran masuk,  hanya  menunggu diluar lantaran ruang tunggu yang ada sudah tak bisa digunakan. Khawatir bangunan pustu yang tak layak itu, bisa mengancam warga dan petugas kesehatan,” imbuhnya.

Menurut Aos, gedung pustu setiap tahun diusulkan bahkan sudah masuk di SIPD. Mengingat darurat, Aos berharap Pemkab Bogor bisa memasukan diperubahan anggaran untuk pembangunan pustu. “Sangat dinantikan masyarakat, mudah mudahan pelaksanaan pembangunan pustu bisa dilaksanakan tahun 2022 ini,” harapnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles