28.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Lomba Pidato dan Dongdang Meriahkan HUT RI di Desa Pancawati



Caringin | Jurnal Bogor
Memperingati HUT RI ke-77, berbagai kegiatan dalam memeriahkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia itu dilakukan Pemerintahan Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Mulai dari lomba pidato yang diikuti para rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW), hingga lomba Dongdang.

Kepala Desa Pancawati, Iqbal Jayadi mengatakan, di HUT RI tahun ini, Pemdes Pancawati ingin memberikan kesan berbeda dari tahun sebelumnya dengan mengadakan berbagai perlombaan, baik lomba yang bersifat edukasi maupun hiburan.

Untuk lomba yang bersifat edukasi, lanjutnya, yakni diadakannya perlombaan pidato dengan peserta yang terdiri dari para RT dan RW di Desa Pancawati.

“Untuk menambah wawasan dan juga menguji mental para perangkat wilayah, RT dan RW kami minta berpidato tentang arti kemerdekaan,” ungkap Kades Pancawati kepada wartawan saat merayakan HUT RI ke 77 di lapang Legokngenang, Sabtu (20/8).

Dalam lomba pidato itu, ada juri yang melakukan penilaian terhadap para peserta. Bahkan, agar para peserta termotivasi untuk ikut lomba tersebut, pihak panitia mempersiapkan berbagai hadiah.

“Jadi ada hadiahnya untuk juara pertama sampai ketiga,” papar Iqbal Jayadi.

Selain itu, para RW yang berjumlah 13 wilayah di Desa Pancawati, harus membawa Dongdang yang dibuat di masing-masing wilayah untuk dilombakan dan dinilai juri.

Adapun untuk penilaian Dongdang yang dibawa 13 RW itu, sambung Iqbal Jayadi, dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari bidan desa, Ketua UKM dan IKM Kecamatan Caringin dan perwakilan desa.

“Yang dinilai juri itu mulai dari kreativitas pembuatan Dongdang, kekompakan para peserta yang membawa dan mengiringi Dongdang ke lapang, hingga makanan yang ada didalam Dongdang,” paparnya.

Tidak hanya itu, sebanyak 13 panjat pinang disiapkan Pemdes Pancawati untuk menambah semarak hari kemerdekaan tahun 2022 ini. Satu  panjat pinang disiapkan untuk warga dimasing-masing RW.

“Setalah semua perlombaan selesai, ditutup dengan panjat pinang yang disediakan panitia setiap RW,” jelas kades.

Iqbal Jayadi berharap, semua rangkaian acara perayaan hari kemerdekaan ini, bisa mempersatukan masyarakat Desa Pancawati. Karena dengan adanya acara ini, semua warga dari 13 RW kumpul di satu titik di lapangan ini.

“Banyak hal positif dari semua rangkaian acara perayaan ini, tidak hanya mempersatukan warga saja tapi ada nilai silaturahmi nya. Semoga tahun depan kami akan mengadakan perayaan seperti sekarang lagi dan tambah semarak,” imbuhnya.

Sementara, Ketua RW 09 Kampung Pancawati, Nanang mengapresiasi acara perayaan kemerdekaan yang dilaksanakan pemdes. Alasannya, karena acara kali ini sangat meriah dan masyarakat terlihat antusias mengikutinya.

“Dari pertama kali lomba sampai sekarang di penghujung acara, masyarakat sangat antusias sekali ikut perayaan kemerdekaan ini. Semua ini tidak lepas dari dukungan dan support kepala desa, mudah-mudahan tahun depan akan tambah meriah lagi,” harapnya.

** Dede Suhendar  

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles