28.8 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Desa Tlajung Udik Gandeng Disdukcapil Permudah Administrasi Warga

Gunung Putri | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menjemput bola ke masyarakat dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan Kartu Indentitas Anak (KIA) di aula Desa Tlajung Udik, Selasa (2/8).

Kepala Sub Kordinator Pelayanan Kelahiran dan Kematian Disdukcapil Budi Badarutaman mengatakan, dalam pembuatan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak, untuk mempermudah masyarakat.

“Hari ini kita jemput bola ke Desa Tlajung Udik untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran, KK, KIA,KIP dan identitas anak lainnya,” ujarnya  kepada Jurnal Bogor, Rabu (03/08).

Menurutnya dalam kesempatan tersebut Disdukcapil menargetkan 200 pembuatan kartu. “Satu hari ini kita targetkan 200 orang kalo untuk selanjutnya tergantung dari desanya mengajukan lagi atau engga, semua kan tergantung kebutuhan dari desa,” paparnya.

Jika desa ingin mengadakan seperti ini, kata dia, desa harus mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Disdukcapil setelah itu akan ditindak lanjuti.

“Ya melakukan pemetaan dulu desanya masing-masing, apakah warganya sudah memiliki dokumen kependudukan apa belum, dan jika memang belum maka akan disosialisasikan untuk dibuatkan selagi diadakan jemput bola oleh dinas kami ” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tlajung Udik, Yusuf Ibrahim mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif dan bagian dari programnya selama menjabat sebagai Kepala Desa Tlajung Udik, dan berharap apa yang diprogramkan ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

“Warga kami ada sekitar 17.000 KK dan persoalan di lapangan itu bervariasi terutama dalam persoalan administrasi yang sering banyak terjadi, maka dari itu kami  fasilitasi agar memudahkan warga kami dalam pembuatan KK, KIA dan akta kelahiran dan kami memprogramkan kegiatan ini sekali dalam sebulan,” pungkasnya.

** Wisnu/ Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles