25.3 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Rumah Pompa Dibangun, Belasan Hektar Pesawahan Pasirsaga tak Lagi Kekeringan

Nanggung l Jurnal Bogor 

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Jaya di Desa Sukaluyu, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor tampak bersyukur.

Pasalnya, kedepan warga petani tak lagi kesulitan air lantaran Pemerintah Pusat melalui Perintah Kabupaten Bogor telah menganggarkan Bantuan Dana Alokasi khusus (DAK)  untuk dibangunnya  rumah irigasi perpompaan untuk mengairi ke blok pesawahan Pasirsaga seluas belasan hektare.

Ketua Kelompok  Tani Mekar Jaya Saleh mengatakan, secara berkala anggaran DAK) Rp 142.500.000 telah dialokasikan guna membangun saluran irigasi rumah pompa. “Swakelola pembangunan rumah pompa yang dikerjakan para petani tentu saja  dijadikan  percontohan pertanian modern,” kata Saleh kepada Jurnal Bogor, Selasa (2/8)

Saleh menuturkan, teknis perpompaan mengkonversi penggunaan pompa bertenaga mesin yang menggunakan bahan bakar minyak jenis bensin menjadi tenaga listrik mendorong warga petani untuk lebih modern.

Kini, Bangunan rumah pompa yang berlokasi diKampung Legok Jambu RT 01 RW 03 dengan memanfaatkan sumber air Corogol  merupakan pertama kalinya dilakukan bagi sejumlah warga petani di Sukaluyu.

Sarana tersebut upaya mendukung aktivitas irigasi di area persawahan Pasirsaga sekitar 12 hektar untuk lebih maksimal. “Dengan saluran air yang maksimal, maka pendapatan petani bisa lebih meningkat,” harap Saleh.

Dasar dibangunnya rumah pompa tersebut, kata dia agar saluran air yang menggunakan pipa dari Kali Cirogol bisa menjangkau ke pesawahan Pasirsaga meskipun datarannya lebih tinggi.

Pipa sepanjang 1,5 kilo meter, itu hanya bisa mengairi pesawahan dan perikanan di kawasan Legok Menteng. ” Minimnya sumber air ke pesawahan Pasirsaga, terpaksa  sejumlah petani hanya memanfaatkan tadah hujan. Akibat dari itu, warga petani seringnya mengalami gagal panen. Sekarang saja  blok pesawahan Pasirsaga mulai mengering,” papar Saleh. 

Sekretaris Kelompok Tani Mekar Jaya Ahmad Yani juga menjelaskan, hamparan persawahan Pasirsaga  milik warga petani datarannya lebih tinggi, maka itu sejumlah warga yang tergabung di Kelompok Tani Mekar Jaya berinisiatif mengajukan ke pihak terkait untuk dibangunnya rumah pompa irigasi tersebut.

Bukan hanya warga petani, bahkan Babinsa Desa setempat Koptu Supriyadi turut membantu berjalannya  saluran irigasi  dengan dibangun rumah pompa tersebut. Menurutnya,  TNI  tentu punya kewajiban  mendukung adanya pembangunan irigasi  agar swasembada pangan yang dihasilkan warga  petani lebih optimal.  

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles