Ely Vebriyanti Jalani Sidang Program Doktor di Kampus IPB

0

Dramaga | Jurnal Bogor

Dr.Ely Vebriyanti, S.Pt.M.P menjalani ujian Sidang Promosi Terbuka Program Doktor dengan hasil penelitian disertasi di IPB University dengan judul ” Kajian Penggunaan Mikroorganisme Lokal dalam Pembuatan Biourin dan Aplikasinya”. Penelitian yang diangkat dari limbah hasil ternak yang biasanya dibuang begitu saja dan mendatangkan pencemaran lingkungan kini dibuktikan dalam bentuk penelitian dan ilmiah.

“Penelitian ini saya lakukan di bawah bimbingan dosen-dosen yang ahli di bidangnya masing-masing diantaranya yaitu, Prof.Dr.Ir.Irma Isnafia Arif,S.Pt.M.Si sebagai Ketua Komisi, Dr.Ir.Salundik M.Si, dan Prof.Dr.Ir Panca Dewi MHK.M.Si masing-masing sebagai anggota komisi dan penelitian dilakukan di Laboratorium Limbah IPTP Fapet IPB University, Saraswati Indo Geneetech Bogor,” papar Dr.Eli Vebriyanti S.Pt.M.P, Selasa (02/08).

Menurutnya, limbah hasil ternak dalam penelitian ini adalah pemanfaatan limbah hasil ternak dan limbah tomat. Hal yang sangat mudah untuk mendapatkan macam kedua limbah ini sehingga diyakini akan begitu mudah mendapatkan jenis limbah ini dan mengolahnya menjadi bernilai ekonomis. Namun tidak tertutup kemungkinan bisa dari sumber limbah lain dengan syarat banyak mengandung air.

“Proses pembuatan dari Biourin ini tidaklah begitu sulit dengan melakukan treatment dan sedikit sentuhan teknologi maka limbah yang biasanya dibuang dapat diberdayakan dan dimanfaatkan sehingga bernilai ekonomis tinggi serta mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha ternak,” paparnya.

Selain itu, kata dia, penggunaan pupuk organik dalam setiap kegiatan pertanian akan membawa dampak yang lebih baik dalam hal segi struktur tanah yang semakin lama akan menjadi semakin subur.

“Selain itu, penggunaan pupuk organik juga akan membuat produk pertanian pangan yang hasilnya cenderung lebih aman untuk dikonsumsi,” pungkasnya.

Untuk diketahui,Dr.Ely Vebriyanti yang menjalani ujian Kajian Penggunaan Mokroorganisme Lokal dalam Pembuatan Biourin dan aplikasinya adalah salah satu dosen pada Departemen Teknologi Hasil Ternak di Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang Kampus Limau Manis Padang yang Lahir di Padang pada 11 Februari 1979.

** Nay

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here