24.6 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Pangkaljaya Buka Pengobatan Gratis

Nanggung | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor  membuka pelayanan pengobatan gratis bagi warga, Kamis (14/07). 

Adanya gerai pengobatan gratis yang dibuka di aula Desa Pangkaljaya tersebut, membuat ratusan masyarakat cukup antusias mendatangi untuk memeriksa kesehatan.

Kepala Desa Pangkaljaya Taufik Sumarna menjelaskan, bahwa pengobatan gratis tersebut, adalah Program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Dana Desa  tahun anggaran 2022.

“Mengingat Covid-19 saat ini sudah mulai melandai sehingga penggunaan anggarannya digunakan untuk pengobatan gratis bagi warga,” ungkapnya.

Jadi kata dia, kegiatan tersebut mendapat sambutan positif  dengan banyaknya antusias warga yang datang untuk memeriksa kesehatan.

“Alhamdulillah antusias warga sangat luar biasa, banyak warga yang berobat seperti gatal-gatal gak tau sumbernya dari apa itu gatal-gatal dan Kebas, kalau dalam bahasa Sunda lemper lah,” kata dia.

Bahkan, warga yang datang dalam kegiatan pengobatan gratis itu mencapai 300 orang warga yang didominasi oleh warga lanjut usia atau lansia.

“Kebanyakan usia lansia. Warga yang datang ada sekitar 300 lebih untuk tahap satu sekarang ini, besok kita lanjut di dusun satu dengan targetnya lebih dari 300 pada hari sabtu besok,” sebutnya.

Menurutnya,  kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan pihak Puskesmas Nanggung.

“Kami melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Nanggung untuk membantu memfasilitasi atau untuk bisa membantu dengan tenaga medisnya,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau warga untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan, mengingat kondisi cuaca di wilayahnya akhir-akhir ini tidak menentu.

“Dengan kondisi cuaca yang kurang baik seperti sekarang ini, saya himbau warga untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga pola makan dan kebersihan lingkungan untuk antisipasi terhadap penyakit,” tukasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles