23.6 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Tingkatkan Hasil Pertanian, P3A Cibalok Sejahtera Lakukan Perbaikan Saluran Irigasi

Ciawi | Jurnal Bogor
Para petani di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, dipastikan tidak akan lagi kesulitan mendapatkan pasokan air untuk mengaliri area sawah mereka. Sebab, program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA), untuk merehabilitasi, peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi tahun anggaran 2022 sudah diterima Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Cibalok Sejahtera.

“Alhamdulillah Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi (P3-GAI) dari Kementerian PUPR sudah kami terima,” ungkap Ketua P3A Cibalok Sejahtera, Ahmad Fauzan kepada wartawan, Rabu (06/07).

Fauzan mengatakan, P3A merupakan salah satu lembaga atau kelompok tani di pedesaan yang andal dan berperan penting dalam pengelolaan, pemanfaatan dan pemeliharaan air irigasi. Disisi lain, kata dia lagi, lembaga itu secara khusus mewadahi para petani yang terkait dengan tata kelola air ditingkat usaha tani, sekaligus pengelolaan sumber daya air lainnya.

“Kami mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier. Dan juga mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani,” imbuhnya.

Pria yang menjabat sebagai ketua RW di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi ini menambahkan, saat ini penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus pemerintah dalam peningkatan produksi pangan. Dari penyediaan tersebut, secara kuantitas hasil pangan diharapkan mengalami peningkatan.

“Peningkatan sarana ini jelas diharapkan para petani agar hasil panen meningkat. Untuk itu, saya sebagai Ketua P3A Cibalok Sejahtera mengapresiasi upaya pemerintah dengan menggelontorkan anggaran melalui anggota dewan pusat dari Fraksi Gerindra,” tambahnya.

Fauzan memaparkan, pentingnya peran P3A yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2004, dimana petani diberikan wewenang dan tanggung jawab pemeliharaan ditingkat usaha tani. Sedangkan pentingnya penguatan atau pemberdayaan petani pemakai air juga tertulis dalam regulasi khusus, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2007.

“Untuk pembinaan dan pemberdayaan P3A, yakni dinas atau instansi pemerintah yang membidangi ketahanan pangan,” jelasnya.

Fauzan berharap, melalui program yang sangat bermanfaat bagi para petani untuk mengatasi kekurangan air, terutama saat musim kemarau, membuat hasil panen petani yang ada di Desa Pandansari khususnya lebih meningkat lagi. 

“Setelah ada perbaikan saluran DI Cibalok ini, saya harapkan bisa lebih meningkatkan lagi hasil pertanian petani. Dengan begitu, secara langsung perekonomian petani juga meningkat,” imbuhnya.

Indra, petani asal Desa Pandansari mengaku terbantu dengan adanya program dari Kementerian PUPR ini. Pasalnya, saluran irigasi untuk mengaliri area sawah warga, sudah rusak dan harus dilakukan perbaikan.

“Meskipun sekarang sedang dilaksanakan perbaikan irigasi namun belum dinyatakan tuntas, karena saluran ini sangat panjang dan perlu pembangunan lanjutan, ada sekitar satu paket lagi yang perlu direhabilitasi. mudah mudahan pemerintah dapat membantu kembali untuk menyalurkan bantuan di tahun depan,” tukasnya.

** Dede Suhendar  

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles