Home Potret Desa Desa Pangkaljaya Rehab 8 Rumah Tidak Layak Huni

Desa Pangkaljaya Rehab 8 Rumah Tidak Layak Huni

Nanggung lJurnal Bogor

Sebanyak 8 rumah tidak layak huni (rutilahu) di Desa Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor diperbaiki. Kepala Desa Pangkaljaya Taupik Sumarna mengatakan program rehabilitasi rutilahu hingga kini direspons baik masyarakat kalangan bawah mengingat masih adanya rumah warga dengan keadaan memprihatinkan dan harus diperbaiki

“Maka dari itu, program rehabilitasi rumah masih dibutuhkan, terutama bagi  warga yang kesulitan secara finansial,” ujar Taupik Sumarna kepada Jurnal Bogor, Kamis (7/7).

Penerima manfaat program rutilahu kini telah mewujudkan impiannya  dengan memiliki rumah yang aman dan layak untuk dihuni.

Salah satu penerima program rehabilitasi rumah warga Kampung Pangaduan Kuda RT 02 RW07, Sukri mengaku bersyukur dan bahagia setelah melihat kondisi rumahnya yang belum lama ini selesai dibangun.

Adanya bantuan rehabilitasi rumah tersebut baginya sangat membantu, karena sebagian bebannya kini  berkurang lantaran tidak perlu  memikirkan kondisi rumahnya lagi.

“Kami sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan, terimakasih Pemkab Bogor, pak Kades dan  pak Uj. Karena rumah yang kami tempati kini menjadi layak dan tidak takut bocor,”ujarnya.

Agar program rutilahu tepat sasaran, menurut Kaur Perencanaan Desa Pangkaljaya, Khaerudin, sebelum pelaksanaan terlebih dulu dilakukan verifikasi hingga survei langsung  melihat kondisi rumah yang akan direhab.

Ada 8 rumah tak layak huni yang dibangun Pemerintah Desa Pangkaljaya melalui anggaran APBD Kabupaten Bogor. Selama pelaksanaan berjalan, pihak desa melibatkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

“Hal ini memastikan kondisi rumah yang akan direnovasi,  layak atau tidak mendapatkan bantuan.” jelas Khaerudin.

Khaerudin yang akrab disapa Uj memaparkan, penerima bantuan rutilahu memprioritaskan keadaan rumah tak layak huni kategori warga kurang mampu.

“Pengalokasian  Rutilahu direalisasikan menyasar pada bangunan rumah yang sudah memprihatinkan dan itu memang perlu dibantu,” tukasnya.

** Arip Ekon

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version