29.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

BPBD Relokasi Korban Bencana Alam

Pamijahan l Jurnal Bogor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor berencana merelokasi warga korban bencana alam seperti di Kampung Muara Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Namun sekarang ini BPBD masih melakukan pengawasan terkait keperluan kebutuhan warga terdampak banjir dan tanah longsor.

“Untuk mitigasi dan investigasi belum bergerak dan sekarang sedang melakukan pembahasan relokasi bagi warga Kampung Muara dan total ada 43 rumah,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bogor Yani Hasan kepada wartawan, Selasa (5/7).

Dia menjelaskan pihaknya mendapat pilihan lahan dari Pemerintah Desa Cibunian dan secara sepintas tidak luas tapi aman, makanya akan dibagi tiga titik untuk relokasinya. “Jadi kami pecah, harus mau pindah dari desa itu karena keamanan paling utama karena khawatir kejadian terulang. Dan  rencana relokasi semua khusus Kampung Muara, dan konsep dipecah tidak terpusat lagi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya masih support tentang pangan, kesehatan, dan sudah disiapkan bantuan untuk sewa rumah apakah sewa sekarang atau menempati rumah saudara mereka. “Untuk nominal relatif, tapi mungkin kita maksimalkan diangka Rp 300 sampai Rp 500 ribu per bulan,” kata Yani.

Ia menuturkan, pihaknya tidak mendirikan posko dan hanya memberdayakan posko di Pamijahan tepatnya di Desa Cibunian, sedangkan di Leuwiliang ada di Purasari dan Puraseda.

“Jadi memang kami berdayakan seperti itu, supaya mereka lebih cepat dan bisa langsung mengatur distribusi ke warga terdampak,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles