Sudah Keluar SPMK, Perbaikan Jalan Curug Bitung-Nirmala tak Kunjung Dikerjakan

0

Nanggung | Jurnal Bogor 

Peningkatan ruas jalan Curug Bitung-Nirmala, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor tak kunjung dikerjakan. Padahal Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) sudah keluar pada 13 Juni 2022. Kondisi ini juga dipertanyakan Komisi III DPRD Kabupaten Bogor.

Akibat belum adanya kepastian, masyarakat  berinisiatif swadaya memperbaiki jalan tersebut dengan peralatan seadanya untuk mengantisipasi kecelakaan. “Warga perbaiki jalan dengan tambal sulam menggunakan batu keras, karena memang mengelupas dan permukaan tanah dasar sudah terlihat,” kata warga sekitar, Rudi Haryono.

Dia berharap, pihak terkait agar segera melakukan pengerjaan yang sudah cukup lama belum berjalan. Karena, sudah 20 tahun jalan tersebut belum ada perbaikan secara permanen. “Ada 2 kilometer kondisi jalan saat ini sudah rusak parah, karena setiap hari kendaraan tonase berat melintas,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Bogor Nurodin menyatakan, seharusnya kontraktor memulai pelaksanaan pekerjaan karena sudah ada SPMK dari Dinas PUPR. “Artinya pemerintah lamban sekali dan Ini ada indikasi kurang beres terkait proyek jalan tersebut,” kata Nurodin.

Mantan Kepala Desa Kiarasari menambahkan, akibat kerusakan jalan semakin parah sampai masyarakat berinisiatif melakukan perbaikan seadanya. “Saya minta untuk segera dilakukan pengerjaan, dan kepada Dinas PUPR maupun UPT Jalan jembatan jangan diam tapi sudah harus memberikan teguran kepada kontraktor proyek jalan,” katanya.

Proyek peningkatan jalan Curug Bitung-Nirmala menelan anggaran Rp 3,9 miliar, tetapi sampai saat ini belum ada kegiatan pengerjaan.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here