Jalan Pamijahan Rusak Berat, Truk Nyaris Terguling

0

Pamijahan | Jurnal Bogor 

Kondisi jalan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tepatnya di tanjakan Cikuluwung, Kampung Nangka Sari, Desa Pamijahan, Kecamatan Pamijahan, rusak berat.

Akibatnya, tak sedikit pengguna jalan yang melintas merasa was-was dan penuh kehati-hatian. Bahkan, sebuah mobil truk expedisi pengangkut lemari bernomor polisi H 1471 PD tidak kuat menanjak dan nyaris terguling.

Supir Truk Ibnu Rizky (22) mengatakan, bahwa mobil truk yang dikendarainya mengangkut lemari dari Desa Parabakti menuju Pontianak, Kalimantan Barat.

“Ini jalannya bergelombang sehingga tidak kuat menanjak,” ungkapnya.

Kalau dipaksakan kata dia, mobil tersebut berpotensi terguling karena ban belakang mobil yang mengangkut lemari tersebut berada pada lubang di badan jalan dan membuat mobil tersebut mengalami kemiringan.

“Ini akibat jalan ini rusak parah, tinggal koral-koral doang di jalan, saya baru kali ini melintasi jalan ini,” katanya.

Ibnu menyampaikan, bahwa saat mengendarai kendaraan itu melintasi jalan rusak di jalan yang menanjak itu dirinya mengaku khawatir. Bahkan, dirinya menunggu teman-temannya untuk menurunkan muatannya agar mobil tersebut bisa jalan kembali.

“Setengah takut tadi pas bawa mobil, sampe senam jantung, dari arah Purabakti ke sini senam jantung tadi bang,” katanya.

Menurutnya, kalau jalan tersebut bagus tentu mobilnya tidak akan terancam terbalik, karena bobot muatan yang dibawanya hanya 6 ton saja.

“Kalau jalan bagus sih pasti kuat menanjak, karena medan jalan nya begini jadi jalan nya mobil miring-miring bang. Bobot nya sekitar 6 ton, hanya karena medan jalan nya yang rusak parah ditambah kondisi habis hujan ka jadi jalan nya licin karena tanah nya ke jalan tadi saja banyak motor nyang mengerem jadi jatuh,” paparnya.

Menurut warga sekitar, Suryadinata (53) mengatakan, bahwa tak sedikit pengendara terjatuh, bahkan dirinya sebagai warga sekitar sering membantu ketika ada motor melintas di jalan tersebut ada yang alami kecelakaan.

“Bukan sering lagi,  yang kecelakaan banyaknya motor yang terjatuh, sudah tidak terhitung lah motor jatuhnya,” tukasnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here