RSUD Leuwiliang Gandeng Dokter Spesialis Adakan Penyuluhan Hidup Sehat Tanpa Hipertensi

0

Leuwiliang | Jurnal Bogor

Memperingati hari hipertensi sedunia yang jatuh pada 17 Mei, RSUD Leuwiliang mengadakan penyuluhan bersama dr Pipik Ripai, M. Sc, Sp. PD. Dokter spresialis penyakit dalam ini memberikan penyuluhan tentang bagaimana menghindari hipertensi atau yang biasa dikenal dengan istilah tekanan darah tinggi di depan poliklinik penyakit dalam.

Penyuluhan dihadiri oleh pasien dan keluarga pasien yang datang ke poli rawat jalan. Dokter Pipik menjelaskan (23/5) bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kalipengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang.

Penyuluhan yang dikemas dengan acara talkshow dan pembawan dr Pipik yang santai membuat acara penyuluhan berjalan dengan interaktif. Hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan para pesera kepada dr Pipik salah satu pertanyaan datang dari pasien dengan nama Ibu Acih beliau bertanya “Apakah ada tips agar tekanan darah kita tetap normal tanpa harus minum obat kimia?”

Dokter Pipik menjawab pertanyaan dengan memberikan 5 tips agar tekanan darah kita tetap stabil diantaranya, 1. Kontrol tekanan darah secara rutin, 2. Diet rendah garam, 3. Olahraga teratur, 4. Istirahat yang cukup, 5. Meminimalisir stress dan 6. Konsultasi dokter

“Untuk menjaga tekanan darah pada pasien jantung, olahraga bisa tetap dilakukan dengan memilih jenis olahraga yang ringan dan memperbaiki pola makan, karena pola makan yang benar dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah sekaligus mencegah tekanan darah tinggi,” pungkas dr Pipik.

**gp/rls

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here