27.7 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

42 Kelompok Tani di Cigudeg Terima Bibit Padi Bermutu

Cigudeg | Jurnal Bogor

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wilayah II Cigudeg mendistribusikan benih padi kepada kelompok tani (poktan) wilayah kerjanya. Sebanyak 42 poktan tersebut terima bantuan  benih padi dari Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2022.

Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Wilayah II Cigudeg Teguh Firman mengatakan, pendistribusian bantuan tersebut hanya untuk para petani yang tergabung dalam poktan.

“Bantuan benih padi ini tidak untuk semua petani, melainkan hanya untuk para petani yang tergabung dalam kelompok tani, karena begitu aturannya,” ujarnya kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Bantuan tersebut kata dia, tersebar ke 42-kelompok tani yang ada di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Sukajaya, Cigudeg dan Jasinga, dimana total benih yang disalurkan sebanyak 11.425 kilogram.

“Dari 11.425 kg tersebut ada dua jenis, 10.000 kilogram varietas Inpari 32 untuk 40 poktan, varietas Inpari 42 sebanyak 1.425 kilogram untuk 2 kelompok tani,” bebernya.

Teguh menjelaskan, disalurkannya bantuan benih padi tersebut untuk meningkatkan produktivitas padi yang ada di wilayah kerjanya tersebut. Pasalnya petani kerap kesusahan mendapatkan benih padi  bermutu dengan berbagai macam alasan.

“Salah satu alasan petani kadang tidak ada uang untuk membeli benih padi bermutu, padahal penentu produksi padi bisa meningkat itu salah satunya adalah penggunaan benih padi bersertifikat dan terlebih ketersediaan benih pupuk bermutu di toko-toko terbatas,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles