28.6 C
Bogor
Tuesday, May 7, 2024

Buy now

spot_img

Tak Perhatian Terhadap Warga, Sikap Kades Disayangkan

Lima Balita Alami Gizi Buruk, Satu Diantaranya Meninggal Dunia

Cigudeg | Jurnal Bogor

Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Nasional Pajajaran (Genpar) Sambas Alamsyah  menyayangkan sikap Kepala Desa (kades) Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor yang terkesan tidak perhatian terhadap warganya.

Diketahui, lima balita dari warga Desa Banyuresmi  menderita gizi buruk dan miningitis, bahkan satu orang  meninggal dunia saat menjalani pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang beberapa waktu lalu.

Menurut Sambas, seorang anak berusia dua tahun penderita gizi buruk dan meningitis dikabarkan minim perhatian baik dari Pemerintah Desa Banyuresmi maupun Puskesmas hingga instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

“Dengan adanya kasus gizi buruk yang tidak diketahui oleh Pemerintah Desa setempat kami menganggap bahwa kepala desa telah gagal dalam mengurus warganya. Sebagai pelayan masyarakat di desa, sejatinya harus tahu  kondisi  masyarakat dibawah,” ujar Sambas Alamsyah.

Dengan begitu, kata Sambas, kades juga harus bisa memberikan sosialisasi pentingnya kesehatan terhadap warga. “Ini sangat disayangkan seorang kepala desa minim informasi,” paparnya.

Jadi kata dia, terindikasi bahwa kepala desa tidak bisa memberikan edukasi dan tidak berjalannya sosialisasi di masyarakat. “Apa lagi saya mendengar kepala desa tidak standby di lokasi. Tinggalnya di luar area padahal sebagai pemimpin, jarum satu jatuh pun dia harus tau dan dia harus bertanggung jawab terhadap masyarakat di desanya,” ujarnya.

Sambas meminta Pemerintah Kabupaten Bogor untuk segera turun dan evaluasi kinerja kepala desa tersebut lantaran karena adanya 5 warga orang menderita gizi buruk dan satu diantaranya meninggal dunia.

“Saya berharap Pemkab untuk segera langsung turun dan evaluasi kinerja kepala desa tersebut, saya yakin itu menjadi harapan semua warga,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan seorang anak usia dibawah lima tahun (balita) diduga menderita gizi buruk dan meningitis di Kampung Cisarua RT 01 RW 07. Meski demikian, koordinasi di lingkungan Pemerintahan Desa Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor terkesan masih minim dengan sulit dihubunginya seorang Kepala Desa dan Sekretaris Desa perihal keadaan warganya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles