25.6 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Camat Cigudeg Sidak Persuasif Terhadap Pedagang Makanan

Cigudeg | Jurnal Bogor

Sejumlah pedagang makanan yang nekat berjualan pada siang hari pada bulan Ramadhan disidak persuasif oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Cigudeg, Kabupaten Bogor, Selasa (19/04).

Camat Cigudeg Pardi menyatakan, sidak tersebut merupakan evaluasi terkait surat yang disepakati bersama Forkompimcam Cigudeg.

“Saat ini kita melakukan sidak dengan maksud dan tujuan mensosialisasikan surat yang pernah kita buat sekaligus melakukan evaluasi terhadap surat edaran yang sudah ditandatangani bersama KUA, MUI, Kepolisian, Koramil maupun camat sendiri,” ungkapnya.

Ia menuturkan, terkait beberapa pedagang yang ditemukan nekat beroperasi pada waktu siang hari, pihaknya belum terpikirkan untuk melakukan sebuah sanksi tegas terkait hal tersebut.

Sebab kata dia, kalau pun ada sanksi atau tindakan-tindakan yang berbau anarkis itu tidak akan menyelesaikan masalah.

“Iya setelah sidak ternyata ada yang patuh ada yang tidak, untuk yang belum patuh kita lakukan pendekatan persuasif secara kekeluargaan, dimana pedagang tersebut kita ajak diskusi tentang peraturan pemerintah, tentang hukum agama terkait menghargai orang yang berpuasa,” ujar dia.

Jadi kata dia, untuk seluruh masyarakat khususnya para pedagang makanan dan minuman agar senantiasa menjaga ketertiban selama bulan suci Ramadhan.

“Walaupun tidak menghargai Camat ya hargailah bulan puasa, kalaupun tidak menghargai bulan puasa hargai yang menciptakan kita,” tegasnya.

Sementara itu salah satu pedagang, Adul bukan nama sebenarnya, mengaku merasa malu dan menyadari kesalahannya, meskipun dirinya berkilah bahwa hal itu dilakukan lantaran tuntutan ekonomi menjelang hari raya Idul Fitri.

“Ya mau gimana lagi kang sisi lain mau lebaran butuh ini butuh itu, kalo kita buka sore kita tidak ada pemasukan buat Lebaran,”pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles