25.1 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

Jaling Pasir Maung Dibeton

Alokasi DD Parakanmuncang Berdasarkan Kesepakatan dan Musyawarah

Nanggung l Jurnal Bogor

Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2022 yang diterima Pemerintah Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor selain disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), juga digunakan untuk kegiatan fisik pembangunan infrastruktur jalan lingkungan (jaling).

Mauludin

Kepala Desa Parakanmuncang Mauludin memaparkan, pembangunan akses jalan berupa rabat beton sepanjang 365 meter dengan lebar 1 meter dan ketebalan 10 centimeter.

Pembangunan jaling berada di kampung Pasirmaung RT 01 RW 01, dan beberapa tahun lalu jalan tersebut telah dilakukan pengerasan.

Dibangunnya jalan lantaran  warga sangat membutuhkan. Terlebih jalan itu dapat mempermudah dan memperlancar warga saat melintas jika jalan sudah dibeton.

“Apalagi akses jalan itu  menuju pendidikan SDN Parakanmuncang 03,” ungkapnya kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Sedangkan untuk BLT DD  sudah dibagikan, penyalurannya terutama bagi warga KPM kurang mampu. Sasaran penerima BLT DD ini merupakan masyarakat desa yang masih membutuhkan bantuan ekonomi seperti masyarakat yang kehilangan mata pencaharian akibat Covid-19.

“Atau masyarakat yang memiliki anggota keluarga dengan sakit kronis,” bebernya.

Sementara, Sekretaris Desa Parakanmuncang Endang mengatakan, ketika perekonomian melemah akibat Covid-19,  diakui nilai anggaran dana desa di Parakanmuncang besarannya kini bertambah. Secara otomatis berdampak positif lantaran jumlah penerima BLT juga ikut bertambah.

“Dari 91 warga penerima bantuan BLT DD pada tahun 2021, kini bertambah menjadi 139 KPM,” terang Sekdes.

Begitu juga   terdapat beberapa program kegiatan yang dibiayai dari dana desa untuk keperluan lainnya.

Bahkan agar penyalurannya tepat sasaran, pemanfaatan dana desa sudah disepakati dan berdasarkan hasil musyawarah. “Sebelum penyaluran DD diawali Musyawarah Desa (Musdes),” jelasnya.

Selain itu, kata Endang, dana desa menjadi sasaran  pemanfaatan program ketahanan pangan yakni di bidang  perikanan dan pertanian.

Peningkatan kapasitas perangkat desa mulai dari lembaga  LPM, kader Posyandu serta RT RW yang telah dilaksanakan satu pekan sebelum Ramadhan,” tukasnya.

** Arip Ekon.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles