25.6 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Bunda Rina Gelar Fun Ramadhan TPQ Al-Ikhlas


 
Sentul | Jurnal Bogor
Bulan Ramadan merupakan bulan Suci yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim di seluruh dunia, pada bulan puasa Ramadan ini banyak yang melakukan berbagai tradisi unik dengan berbagai cara yang berbeda.

Bulan yang dirayakan oleh jutaan Muslim di seluruh dunia, Ramadan diamati setiap tahun selama bulan kesembilan dari kalender lunar Islam. Berlangsung selama kurang lebih 30 hari – tergantung pada penampakan bulan baru – ini menandai bulan diturunkannya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad pada tahun 610 M.
 
Salah satu dari lima rukun Islam dan wajib bagi semua Muslim yang mampu, bulan suci ditandai dengan tradisi bersama seperti puasa, amal dan doa, serta praktik yang bervariasi dari budaya ke budaya, dari ritual mandi di Indonesia hingga menyalakan lentera di Mesir.
 
Hal berbeda dalam mencari keberkahan di bulan suci ini yang dilakukan oleh Hj Rina Dianatri Rafions Direktur Poeri Enterprise Event Organizer sekaligus Pimpinan Taman Pendidikan Quran (TPQ) Al Ikhlas, dirinya menggelar acara dengan tema “Ramadhan Fun” yang diselenggarakan di Musholla Al-Ikhlas Sentul, Desa Pasir Ipis, Kabupaten Bogor.
 
“Kegiatan Ramadhan Fun ini sudah dilangsungkan sejak awal puasa kemarin, dan didalamnya terdapat berbagai aktifitas seperti, Tarhib Romadhon “Al Ikhlas Bersholawat, Syiar Ramadhan dan berbuka puasa bersama,” ucapnya kepada Jurnal Bogor, Jumat (15/04/2022).
 
Bunda Rina sapaan akrabnya melanjutkan, pada kegiatan Syiar Ramadhan terdapat juga beberapa kegiatan seperti,  Nobar Kartun Islami yang berlangsung setiap hari Kamis, ada pula Kajian Ramadhan itu dilakukan setiap Selasa, Rabu dan Kamis, kemudian ada juga giat Tadarus Bersama pada hari yang sama namun berbeda waktunya, serta nanti diakhir ramadhan nanti pada tanggal 27 April 2022 akan dilesenggarakan Bukber dan Bazzar.
 
“Akan banyak acara nanti kedepan, dari mulai kajian islami hingga nonton kartun islami dan diakhiri dengan acara puncak yaitu Bukber bersama para santri dan keluarga besar yang juga akan di meriahkan dengan adanya bazzar untuk para santri dan warga sekitar,” lanjutnya.
 
Bunda menambahkan, pada awal puasa hari Minggu, 3 April 2022 lalu, pihaknya telah melakukan kegiatan buka bersama di TPQ Al-Ikhlas di Musholla Al-Ikhlas yang diikuti oleh keluarga besar Bunda Rina, para santri yang didampingi dengan orangtuanya dan sejumlah warga sekitar.
 
“Alhamdulillah pada awal puasa kemarin Bunda bersama keluarga besar, para santri yang didampingi orangtuanya dan tak ketinggalan juga acara ini dihadiri oleh warga sekitar, hal ini dilakukan tak lain hanya berharap ridho-Nya berbagi kebahagian antar sesama,” pungkasnya.
 
** Handy Mehonk

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles