Samisade Desa Cibedug, Bangun Jalan Untuk Akses Wisata Dan Pertanian

0

JURNAL INSPIRASI – Keinginan Pemerintah Desa (Pemdes) Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, untuk membuka kawasan wisata di wilayahnya, dipastikan bakal terealisasi. Sebab, kesulitan yang selama ini dirasakan dalam mewujudkan keinginannya tersebut, terbantu dengan adanya bantuan keuangan satu miliar satu desa (Samisade).

Kepala Desa (Kades) Cibedug, Deni Setiawan mengaku, berkat program Bupati Bogor Ade Yasin yang mengeluarkan bantuan keuangan melalui Samisade, kendala untuk membuka kawasan wisata yang selama ini menjadi batu sandungan, akhirnya dapat teratasi.

Menurutnya, kawasan wisata yang akan digarap Pemdes Cibedug, berada di kawasan pengunungan. Dimana, untuk menuju ke lokasi terkendala oleh kondisi akses jalan yang masih tanah serta bebatuan.

“Alhamdulillah adanya program Samisade, kami alokasikan untuk membangun infrastruktur jalan tersebut,” ungkap Kades Cibedug kepada wartawan.

Deni mengatakan, bantuan keuangan melalui program Samisade yang diterima Desa Cibedug, sebesar Rp.958 juta lebih. Untuk pembangunan jalan menuju dua rukun warga (RW) di Kampung Cibedug itu, menggunakan betonisasi.

“Betonisasi jalan di Kampung Cibedug dari RT 04 RW 04 sampai ke RT 04 RW 06, menjadi skala prioritas kami. Panjang jalan 150 meter dengan lebar 3 meter dan ketinggian betonisasi 0,15 meter,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan pengerjaan betonisasi jalan ini, sambung Deni, dilakukan oleh masyarakat dengan membentuk tim pelaksana kegiatan (TPK).

“Kalau dilihat dari pengerjaan, sekarang progres pembangunan sudah mencapai sekitar 70 persen lebih,” paparnya.

Deni mengaku, akses jalan yang dibangun saat ini, merupakan akhir dari Jalan Cibedug-Ciaul dengan nomor ruas 22.01.139. Jalan ini berstatus milik Kabupaten Bogor.

Deni berharap, setelah adanya pembangunan betonisasi, dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Cibedug, terlebih jalan yang dibangun ini sebagai akses utama warga menuju lahan pertanian mereka.

“Manfaatnya sangat besar, terutama membantu mobilisasi warga saat membawa hasil pertaniannya untuk di jual. Saya yakin, setelah akses jalan bagus biaya ongkos kendaraan pun menjadi berkurang dan lebih murah,” jelasnya.

Maman, warga Kampung Cibedug RW 06 merasa bersyukur jalan satu-satunya yang kondisinya masih tanah serta bebatuan dan menjadi akses utama beraktivitas warga di wilayahnya, sedang dilakukan pembangunan.

“Saya dan warga disini tidak akan lagi bersusah payah melewati jalan ini saat hujan. Pokoknya kalau cuaca hujan, kendaraan susah untuk melintas karena licin,” keluhnya.

Maman menjelaskan, aktivitas warga di Kampung Cibedug yang didominasi sebagai buruh tani, sangat terbantu dengan dibangunnya jalan ini. Dimana, saat akan menjual hasil pertaniannya ke pasar, warga tidak harus kesulitan lagi mendapatkan kendaraan.

“Terkadang susah mencari kendaraan yang mau membawa hasil panen kami langsung dari kebun, apalagi setelah hujan,” jelasnya.

Maman mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Pemdes Cibedug, terutama kades maupun Bupati Bogor Ade Yasin.

“Atas dukungan dan kepedulian kades serta bupati, jalan menuju ke kampung kami akhirnya bagus juga,” tukas Maman.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here