26.9 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Intensitas Hujan Tinggi, Leuwigoong Longsor

JURNAL INSPIRASI – Curah hujan yang tinggi baru – baru iniĀ  mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten BogorĀ  mengalami longsor, khususnya di daerah dataran tinggi.

Seperti yang terjadi di Desa Karang Tengah, di Kp Leuwigoong RT03 RW 06, Kecamatan Babakan Madang. Wilayah tersebut mengalami pergeseran tanah yang mengakibatkan tanah longsor dengan panjang kurang lebih 60 meter dan kedalaman kurang lebih 5 meter di bantaran aliran susukan Leuwigoong. Kondisi ini membuat  satu rumah warga  mengalami retak di bagian pondasi.

Bina Wilayah (Binwil) Desa Karang Tengah Aris menjelaskan, hujan yang mengguyur sejak pukul 01.00 malam di wilayah Babakan Madang khususnya di Desa Karang Tengah membuat tanah labil dan Ibu Ana yang berada di pinggir tebing yang memang belum ada turap beton mengaku khawatir. Pasalnya, saat terjadi pergerakan tanah terancam longsor.

” Kalo untuk keretakan hanya keretakan pondasi, kita himbau kepada masyarakat bahwa keadaan di Desa Karang Tengah itu kan labil, maka dari itu kami minta agar warga lebih berhati – hati dan jangan terlalu lelap saat tidur mengingat curah hujan sedang tinggi. Kami khawatir terjadi pergerakan tanah yang menyebabkan longsor kembali,” paparnya.  Nay / Tedy

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles